Penyebab Darah Tinggi Tambah Parah Saat Puasa

Penyebab Darah Tinggi Tambah Parah Saat Puasa

Penyebab darah tinggi tambah parah perlu diperhatikan oleh penderitanya, itu karena darah tinggi bukan hal yang bisa dianggap enteng. Ketika darah tinggi dibiarkan, risikonya bisa sangat berbahaya. Bahkan ada beberapa kondisi yang nyatanya mengancam nyawa seseorang.

Jika membicarakan tentang puasa, tidak ada anjuran khusus di mana penderita hipertensi tidak boleh berpuasa. Itu karena puasa bukan aktivitas yang berbahaya untuk tubuh. Namun masalahnya, seseorang sering kesulitan mengontrol dirinya ketika berpuasa. 

Terlebih lagi ketika melakukan buka puasa. Segala hal yang diinginkan sering kali dikonsumsi. Tentu ini sangat berbahaya terutama bagi mereka yang pada dasarnya memiliki hipertensi.

Penyebab Darah Tinggi Tambah Parah

Ada banyak hal yang menjadi penyebab darah tinggi tambah parah saat puasa, tentu hal ini perlu dihindari. Jangan sampai puasa terganggu hanya karena ketidaktahuan akan penyebab tersebut. Oleh sebab itu, berikut penjelasan mengenai bahaya darah tinggi saat berpuasa.

  • Makanan Tinggi Lemak
  • Hal pertama yang menjadi penyebab darah tinggi tambah parah berhubungan dengan makanan tinggi lemak. Perlu diingat, di Indonesia makanan tinggi lemak sudah seperti menu wajib saat berpuasa.

    Hal yang paling menonjol adalah gorengan, kebanyakan orang mengaku kalau gorengan menambah kenikmatan ketika berbuka puasa. Perlu diingat, konsumsi gorengan memang masih diperbolehkan. Namun jika tidak terkontrol, efeknya pada tubuh bisa sangat buruk.

    Namun pastikan jika kewaspadaan tidak hanya diberikan pada gorengan. Normalnya setiap makanan cepat saji pasti mengandung lemak dalam kadar yang sangat tinggi.

  • Makanan Tinggi Garam
  • Selain makanan tinggi lemak, makanan dengan kadar garam tinggi juga menjadi penyebab darah tinggi tambah parah. Perlu diketahui kalau dalam garam terkandung banyak natrium.

    Natrium inilah yang sebenarnya berbahaya bagi penderita hipertensi. Bagi penderita hipertensi, kadar garam maksimal yang boleh dimasukkan ke dalam tubuh adalah 5 gram atau satu sendok teh per hari.

    Jika lebih dari itu, bukan tidak mungkin peningkatan tekanan darah akan langsung terjadi. Ada banyak makanan yang sering tidak disadari mengandung kadar garam dalam jumlah besar.

    Hal yang paling umum adalah camilan. Di bulan puasa sendiri, camilan biasanya sering dikonsumsi setelah menjalankan sholat taraweh.

  • Makanan dan Minuman Kalengan
  • Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah makanan kalengan, ini juga menjadi penyebab darah tinggi tambah parah saat puasa. Makanan kalengan sebenarnya memiliki kemiripan dengan garam. 

    Itu karena makanan kalengan normalnya mengandung natrium dalam kadar yang sangat tinggi. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah minuman bersoda. Ketika minuman bersoda dikonsumsi, kemungkinan dehidrasi pada tubuh akan meningkat.

    Kondisi tersebut tentu berbahaya karena dehidrasi merupakan salah satu penyebab munculnya tekanan darah tinggi. Jangan lupa juga jika minuman kalengan sering mengandung gula dalam jumlah banyak.

    Perlu diingat jika gula ini bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Itu tentu berbahaya karena penyumbatan pembuluh darah bisa memperparah hipertensi.

  • Kolesterol Hewani
  • Kolesterol adalah salah satu penyebab darah tinggi tambah parah, terlebih lagi untuk kolesterol hewani.

    Keberadaannya lebih berbahaya untuk penderita hipertensi jika dibandingkan dengan kolesterol nabati. Masalah utama dari kolesterol hewani ini adalah keberadaannya yang sering tidak disadari.

    Makanan-makanan seperti jeroan, kulit, hingga mayones sebenarnya mengandung kolesterol hewani dalam kadar yang cukup tinggi. Tentu ini akan berbahaya jika konsumsinya dilakukan secara berlebihan.

    Jika kamu ingin melakukan upaya tambahan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, konsumsi saja Tensilon. Tensilon sendiri merupakan suplemen yang terbukti sukses mengatasi gejala tekanan darah tinggi.

    Untuk mendapatkan produk tersebut, hubungi saja PT. Dami Sariwana. Dengan cara ini, penyebab darah tinggi tambah parah akan semakin teratasi apalagi di bulan puasa ini tentunya Tensilon sangat dibutuhkan.



    Keyword : darah tinggi tambah parah

    Deskripsi : Ada banyak penyebab darah tinggi tambah parah. Ketahuilah penyebab-penyebab tersebut agar bisa dihindari dengan baik.

    Artikel Lainnya