Apakah Penderita Hipertensi Aman Berpuasa? Ini Jawabannya

Apakah Penderita Hipertensi Aman Berpuasa? Ini Jawabannya

Pertanyaan apakah penderita hipertensi aman berpuasa sering ditanyakan, pertanyaan ini sebenarnya merupakan hal normal. Itu karena banyak orang dengan hipertensi memiliki ketakutan gejalanya akan muncul ketika puasa dilakukan. Perlu diingat darah tinggi sendiri bukan hal yang bisa dianggap remeh.

Bahkan hingga sekarang, terdapat jenis darah tinggi yang belum diketahui penyebabnya. Dalam ilmu tentang hipertensi, diketahui ada dua tipe yang perlu diketahui.

Tipe pertama adalah tipe sekunder. Tipe sekunder sendiri adalah jenis yang sebenarnya jarang. Kebanyakan orang dengan tipe hipertensi sekunder memiliki riwayat penyakit ginjal. Itu karena, hipertensi tipe ini memang sering disebabkan oleh penyakit tersebut.

Namun beda lagi jika berlanjut ke tipe kedua yaitu hipertensi primer. Pada hipertensi primer, penyebabnya sampai sekarang belum diketahui. Ini tentu menjadi perhatian bagi para penderitanya.

Sikap Waspada Penderita Hipertensi Aman Berpuasa

Banyak orang menanyakan apakah penderita darah tinggi aman berpuasa. Sebenarnya kondisi ini merupakan kewaspadaan yang sangat penting.

Dengan adanya sikap waspada, kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan menjadi semakin kecil. Perlu diingat kalau darah tinggi sebenarnya bisa menjadi sangat berbahaya.

Secara normal darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan pada darah mengalami peningkatan hingga berada pada taraf yang tidak wajar. Peningkatan tekanan darah ini bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa organ pada tubuh.

Masalahnya ini akan berbahaya jika kerusakan dialami oleh organ vital seperti otak dan jantung. Biasanya stroke akan terjadi jika kerusakan sampai dialami organ-organ tersebut.

Banyak Penderita Hipertensi yang Tidak Hati-Hati

Secara umum tidak ada yang menyanggah jika penderita hipertensi aman berpuasa. Namun masalahnya, banyak orang yang tidak hati-hati ketika sedang berpuasa.

Normalnya penderita darah tinggi memiliki batasan-batasan yang tidak boleh dilewati. Batasan-batasan tersebut normalnya perlu diperhatikan pada makanan dan minuman yang masuk pada tubuh.

Selama batasan-batasan tersebut konsisten dijaga, penderita hipertensi aman berpuasa. Ada beberapa perilaku yang paling sering dilanggar ketika puasa terjadi.

Salah satunya berhubungan dengan konsumsi makanan cepat saji ketika buka puasa. Saat berbuka, makanan cepat saji seperti gorengan sudah seperti hal wajib di Indonesia.

Ini tentu berbahaya karena makanan cepat saji berpotensi meningkatkan tekanan darah seseorang. Hal lain yang juga sangat wajib diperhatikan berhubungan dengan konsumsi air putih.

Beberapa orang mengaku malas mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Padahal salah satu penyebab munculnya gejala hipertensi adalah tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik.

Akan berbahaya jika kurangnya konsumsi air putih dibarengi dengan meningkatnya konsumsi kafein dan soda. Dua kandungan tersebut bisa menyebabkan dehidrasi yang sangat tinggi.

Jika itu dilakukan, statement penderita hipertensi aman berpuasa tentu perlu dikaji ulang. Masalahnya kontrol diri saat berbuka memang bukan hal mudah.

Puasa Aman Dilakukan oleh Penderita Hipertensi

Secara umum, puasa bukanlah hal yang mengganggu. Sebaliknya, puasa memiliki banyak manfaat yang perlu dikejar oleh masyarakat.Oleh sebab itu dapat dikatakan jika penderita hipertensi aman berpuasa. 

Namun penderita perlu memiliki komitmen yang tinggi dalam menjaga pola hidup sehat. Jika komitmen ini tidak dimiliki, kesehatan akan sulit didapat dan hipertensi bisa saja semakin berbahaya. Tentu kondisi ini tidak hanya untuk bulan puasa.

Pada bulan biasa, perhatian terhadap komitmen ini tetap diperlukan. Komitmen inilah yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jika ingin melakukan upaya tambahan dalam mengontrol hipertensi saat puasa, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi Tensilon. Tensilon sendiri adalah suplemen yang terbaik mampu mengontrol tekanan darah tinggi.

Ini membuat konsumsinya ketika puasa bisa dilakukan. Pastikan untuk memesan Tensilon dari PT. Dami Sariwana. Dengan ini, pernyataan penderita hipertensi aman berpuasa menjadi hal yang bisa dipertanggungjawabkan.


Keyword : penderita hipertensi aman berpuasa

Deskripsi : Banyak orang sering bertanya apakah penderita hipertensi aman berpuasa. Sebenarnya berpuasa masih diperbolehkan asalkan beberapa syarat bisa dipenuhi.

Artikel Lainnya