Tanda-Tanda Menstruasi Akan Datang Berikut Ini

Tanda-Tanda Menstruasi Akan Datang Berikut Ini 

Tanda menstruasi akan datang pada wanita memang bisa dirasakan. Ya, beberapa wanita dapat memprediksi hal ini karena siklus yang teratur. Sementara itu, tidak banyak dari mereka yang mampu mengantisipasi datangnya menstruasi dan mengenali tanda-tanda yang ada.

Setiap wanita mungkin mengalami gejala menstruasi yang berbeda. Bahkan, pada wanita yang sama, tanda-tanda menstruasi yang dialami sebenarnya tidak sama.

Menstruasi tanpa persiapan bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, padahal hal ini biasa terjadi. Oleh karena itu, kamu harus menyadari gejala-gejala menstruasi yang ditunjukkan oleh tubuh mu.

5 Tanda Mesntruasi Akan Datang


Gejala dan tanda sindrom pra menstruasi biasanya terjadi satu hingga dua minggu sebelum dimulainya menstruasi. Diantaranya adalah:

  • Payudara Nyeri

  • Payudara nyeri atau sesak merupakan salah satu tanda menstruasi akan datang. Perubahan hormon progesteron yang cenderung meningkat sebelum siklus menstruasi berdampak pada penyakit ini. Setelah siklus menstruasi dimulai, biasanya nyeri payudara akan hilang.


  • Perut Kembung

  • Selain itu, perut kembung dapat menunjukkan bahwa menstruasi akan tiba. Perubahan hormon dan makanan yang dimakan mungkin menjadi penyebabnya.


    Kamu dianjurkan untuk minum banyak air, makan lebih sering, menjauhi makanan yang menghasilkan gas, dan sering berolahraga untuk mencegah perut kembung.


  • Muncul

  • Jerawat adalah tanda menstruasi akan datang yang paling khas selain indikator menstruasi yang disebutkan di atas.


    Hormon progesteron, akan meningkat dalam situasi ini, merangsang produksi lebih banyak sebum, yang dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan menyebabkan perkembangan jerawat.


  • Nafsu Makan Meningkat

  • Ketika menstruasi akan datang, nafsu makan cenderung meningkat. Kamu mungkin menginginkan makanan cepat saji, permen, atau hal-hal manis lainnya.


    Meski nafsu makan bertambah, kamu tetap harus menjaga pola makan yang seimbang. Jika kamu ingin camilan ringan, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih coklat hitam daripada coklat susu.


  • Kram Pada Perut atau Punggung Bagian Bawah

  • Karena rahim berkontraksi, beberapa wanita mengalami nyeri di punggung bagian bawah dan perut ketika menstruasi akan tiba. Tidak seperti gejala menstruasi lainnya, keluhan ini biasanya bermanifestasi 24-48 jam sebelum perdarahan dan berlangsung selama tiga hari.


  • Pergeseran suasana hati

  • Mungkin kamu mengalami perubahan suasana hati ketika menstruasi akan datang atau perubahan suasana hati di mana kamu merasa senang, kesal, dan sedih sekaligus. Setelah menstruasi dimulai, gejala-gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

    Istirahat yang cukup, berlatih meditasi, dan mengkonsumsi makanan seperti susu, sayuran hijau, atau buah-buahan akan memperbaiki mood swing mu.


  • Merasa Lelah

  • Mungkin kamu merasa mudah lelah dan mengantuk ketika menstruasi akan datang karena perubahan hormonal juga dapat mempengaruhi pola tidur.


    Lalu saat menstruasi terjadi, masalah ini biasanya akan hilang. Selain itu, kamu bisa menyiasatinya dengan berolahraga untuk membantu mendapatkan tidur yang lebih baik.


    Mengetahui gejala menstruasi, kamu bisa mempersiapkan diri agar siklus ini tidak mengganggu aktivitas yang ada. Namun, perlu diingat bahwa setiap wanita mungkin mengalami tanda yang berbeda antara satu sama lain.

    Ketidakteraturan siklus menstruasi juga dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor lain, termasuk penggunaan pil KB atau IUD, olahraga berlebihan, stres, atau berbagai gangguan medis, seperti fibroid atau PCOS.

    Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar masalah tersebut dapat segera ditangani, jika gejala menstruasi yang kamu alami benar-benar menghambat aktivitas sehari-hari atau jika siklus menstruasi mu tidak normal bahkan berlangsung lebih dari tiga siklus.

    Selain itu, kamu bisa mengimbanginya dengan obat-obatan herbal yang tidak berbahaya dan tidak memiliki efek samping. Kamu bisa mengkonsumsi obat menses dari PT. Dami Sariwana ketika menstruasi akan datang, di mana dapat memperlancar haid dan menghilangkan nyeri haid yang ada.




    Kewyord : menstruasi akan datang

    Deskripsi: Tanda menstruasi akan datang pada wanita memang bisa dirasakan. Ya, beberapa wanita dapat memprediksi hal ini karena siklus yang teratur.







    Artikel Lainnya