Begini Cara Kerja Sistem Imun dalam Menangkal Penyakit

Cara kerja sistem imun dalam tubuh sangat luar biasa, sebab ia dapat menangkal berbagai penyakit yang masuk. Termasuk di dalamnya adalah benda asing, organisme patogen, hingga sel tubuh yang abnormal.

Tanpa adanya sistem imun atau ketika sedang melemah, tubuh kamu akan lebih mudah terserang penyakit. Tidak heran saat ini banyak sekali upaya yang dilakukan untuk menguatkan sistem imun.

Mulai dari membeli obat herbal, suplemen, hingga berbagai vitamin pendukung. Meski istilah ini sering sekali disebut di media masa, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum tahu apa sebenarnya sistem imun itu.

Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara detail mengenai cara kerja dari sistem imun atau sering juga disebut sebagai daya tahan tubuh. Bagi kamu yang penasaran, maka simak selengkapnya berikut ini.

Mengenal Apa Itu Sistem Imun

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara kerja sistem imun, kami akan mengenalkan kamu kepada penjelasannya secara umum. Sistem imun terdiri dari berbagai jenis sel yang memiliki fungsi berbeda tapi saling bekerja sama.

Beberapa penyusun sistem imun di antaranya adalah sel, jaringan, hingga organ. Komponen utama yang membentuk cara kerja sistem imun tersebut di antaranya adalah:

  1. Sel darah putih atau leukosit yang berfungsi sebagai sensor adanyanya patogen. Kemudian sel ini akan melawan patogen tersebut. Jika jumlah leukosit tinggi, maka sedang adanya infeksi dalam tubuh.
  2. Antibodi atau imunoglobulin yang akan menetralkan patogen dalam tubuh hingga tidak membahayakan tubuh lagi. Proses ini salah satu yang penting dalam cara kerja sistem imun.
  3. Sistem komplemen yang bertugas mencerna patogen yang masuk ke dalam tubuh. Jadi sistem ini akan membuat lubang-lubang pada unsur patogen, sehingga pategen tersebut hancur.
  4. Sistem limfatik yang bertugas untuk melawan berbagai patogen. Sistem ini juga dapat mendeteksi adanya sel kanker yang tumbuh secara abnormal, kemudian mencegah pertumbuhannya.
  5. Timus juga menjadi komponen yang berperan dalam cara kerja sistem imun. Fungsi timus adalah memproduksi sel darah putih atau sel-T dan pematangan sistem imun.
  6. Sumsum tulang belakang yang merupakan tempat memproduksi sel darah. Termasuk di dalamnya adalah sel darah merah, keping darah, dan sel darah putih yang sangat berpengaruh pada sistem imun.

Cara Kerja Sistem Imun dalam Menangkal Penyakit

Secara umum, cara kerja imunitas dimulai saat ada patogen masuk ke dalam tubuh. Sel-sel sistem imun akan membentuk formasi khusus agar patogen tidak menginfeksi. Beberapa sel akan mengidentifikasi patogen.

Kemudian memberikan sinyal kepada limfosit B untuk menghasilkan antibodi berupa protein komplemen. Kemudian sel-T akan menuju patogen dan menghancurkannya. Antibodi ini akan terus berada dalam tubuh selama beberapa hari.

Tujuan dari cara kerja sistem imun tersebut adalah agar saat patogen yang sama datang, maka bisa dilawan secara maksimal. Cara kerja ini dilakukan oleh sistem imun bawaan. 

Tapi tidak jarang sistem imun tersebut tidak mampu mengatasi patogen yang menyerang. Pada kondisi tersebut sistem imun adaptif yang akan melawan infeksi pada lokasi spesifik.

Respon yang dimunculkan oleh sistem imun adaptif diantaranya adalah bisul, demam, hingga gejala penyakit lainnya. Agar memaksimalkan kekuatan sistem imun, kamu bisa mengonsumsi suplemen.

Saat ini sudah banyak suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai infeksi dari patogen. Salah satunya adalah suplemen herbal Top Up.

Top Up sudah terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan juga menambah stamina. Semua bahan yang digunakan alami dan aman. Salah satu bahan utamanya adalah meniran yang berfungsi sebagai imunomodulator.

Artinya, dapat meningkatkan sistem imun manusia. Segera dapatkan produk ini melalui Dami Sariwana agar dapat menunjang cara kerja sistem imun kamu lebih maksimal.



Keyword: cara kerja sistem imun

LSI: obat herbal, suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh

Deskripsi: Cara kerja sistem imun dalam tubuh sangat luar biasa, sebab ia dapat menangkal berbagai penyakit yang masuk.

Artikel Lainnya