Makan Sehat saat Sahur bagi Penderita Maag

Makan Sehat saat Sahur bagi Penderita Maag

Penting untuk menerapkan makan sehat saat sahur terutama bagi penderita maag. Selama sehari penuh berpuasa pasti ada yang mengganggu. Bukan hanya lapar dan haus tapi juga keluhan bagi penderita maag. 

Biasanya untuk mengantisipasi lapar dan haus orang makan sahur dalam porsi banyak. Tujuannya supaya cadangan makanan tahan sampai waktu berbuka. Padahal ini bukan cara yang benar.

Tidak jarang makan banyak justru bikin cepat lapar. Terutama bagi yang punya riwayat maag, makan berlebihan justru menimbulkan rasa tidak nyaman. Begah, sesak, kembung dan sebagainya.

Bukan porsi makanan tapi asupan nutrisi dan jenis makanan yang perlu diperbaiki. Bukan berarti banyak makan menunda lapar dan sebaliknya. Tapi dengan sedikit porsi kamu tetap bisa tahan lapar seharian.

Jenis Makan Sehat saat Sahur

Punya riwayat sakit maag atau tukak lambung perlu hati-hati memilih makanan. Apalagi selama berpuasa satu bulan, jenis makanan yang dikonsumsi harus tepat. Untuk menu sahur, berikut jenis makanan yang aman.

  1. Protein tinggi

Makan sehat saat sahur khusus penderita maag paling utama dalam protein. Tidak menyebabkan kenyang berlebih jika dikonsumsi dalam porsi pas. Membentuk otot jadi meski puasa tetap produktif.

Ahli gizi menyarankan makan di pagi hari mengandung protein seperti kacang almond, telur, ikan, daging merah. Makanan ini selain enak juga menjaga rasa kenyang lebih lama.

  1. Vitamin C

Vitamin C paling ideal dikonsumsi pagi hari sebab cepat diserap tubuh. Paling mudah didapatkan dari jenis buah-buahan. Sebagai makan sehat saat sahur kamu bisa membuatnya dalam bentuk jus.

Kamu juga bisa mengkonsumsi buah dengan kandungan gula kompleks secara langsung tanpa dibuat jus. Contoh pisang, mangga, nanas, kurma matang, anggur, leci. Buah-buahan ini membantu mengurangi hipoglikemia di pagi hari.

  1. Bukan karbohidrat berat

Makan sehat saat sahur untuk penderita maag adalah gandum dan beras merah. Kedua jenis sumber makanan ini tidak mengandung karbohidrat berat. Lebih aman karena tidak mengandung gluten.

Hindari makan sahur dengan olahan dari ketan, nasi putih porsi banyak, bihun beras maupun jagung, ketela dan talas. Bahan-bahan tersebut paling cepat menyebabkan keluhan penderita gerd atau maag.

Cara Pengolahan Makan Sehat saat Sahur

Selain jenis bahan makanan yang perlu diperhatikan, pengolahannya juga penting. Justru proses pengolahan paling berpengaruh terhadap kandungan nutrisi. Supaya puasa lancar tanpa keluhan sebaiknya kamu mengolah makanan tanpa digoreng. 

Makanan dikukus lebih baik dan aman bagi penderita maag. Minim kandungan kolesterol jahat dan garam. Dimana sodium dalam garam di makanan gorengan dapat mengikat garam alami lambung menimbulkan gas. 

Makan sehat saat sahur bisa juga dengan direbus. Paling mudah adalah telur rebus, kentang, wortel, bok choy, labu, tahu putih. Selain aman untuk lambung cara olah seperti ini bagus juga bagi yang sedang diet sehat.

Tim, adalah cara mengolah makanan yang juga tanpa minyak. Metodenya sama dengan kukus dan rebus. Hanya pada tim menggunakan mangkuk atau wadah sehingga makanan tidak bersentuhan langsung dengan air.

Bubur tim sayur sangat cocok untuk makan sahur penderita maag. Kamu bisa menambahkan kaldu alami, lauk seperti hati ayam, tempe, udang dan sebagainya. Rasanya sudah pasti enak dan mudah dicerna tubuh. 

Olahan tanpa penyedap dan bumbu berlebihan. Bagi kamu yang sulit menghindari makanan olahan sebaiknya kurangi penggunaan lada, MSG, cuka, santan. Pilih yang netral seperti sayur bening.

Membantu menjaga kondisi tetap prima dan terhindar dari keluhan maag kamu bisa menyediakan Maagfit. Obat ini bisa dibeli langsung dari PT Dami Sariwana. Terbuat dari bahan alami sebagai pelengkap makan sehat saat sahur. 




Kw: makan sehat saat sahur

Deskripsi: Selalu makan sehat saat sahur itu penting supaya tubuh tetap prima selama bulan puasa dan tidak sakit dengan tetap menyediakan Maagfit.

Artikel Lainnya