Kenali 3 Jenis Kekebalan Tubuh pada Manusia

Setiap orang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Setidaknya ada 3 jenis kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai proteksi. Sistem imun seseorang dengan orang lainnya bisa berbeda-beda. Itulah sebabnya kadang terdapat beberapa orang yang jarang sekali sakit. Itu artinya orang tersebut memiliki sistem imun yang bagus dan kuat.

Sebaliknya, jika sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang lemah maka akan lebih mudah terserang penyakit. Bahkan ada beberapa orang yang mudah sekali terserang flu daripada orang-orang di sekitarnya. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan rutin berolahraga dan makan makanan bergizi tinggi.

Mengenal 3 Jenis Kekebalan Tubuh Manusia

Sistem kekebalan tubuh manusia ada tiga macam yaitu sistem imun alami (innate), sistem imun buatan (adaptive) dan sistem imun pasif. Berikut ini penjelasan dari ketiga jenis sistem kekebalan tubuh pada manusia.

  • Sistem Imun Alami (Innate)
  • Pertama, sistem imun alami yang sudah ada sejak lahir. Beberapa di antaranya yaitu kulit, enzim, dahak, cairan asam lambung dan sel darah putih. Namun, sistem imun ini belum kuat melawan penyakit. Sistem imun alami akan membutuhkan sistem imun buatan untuk melawan berbagai jenis penyakit tersebut.

  • Sistem Imun Buatan (Adaptive)
  • Jenis kekebalan tubuh yang kedua yaitu sistem imun buatan yang terbentuk ketika tubuh mulai bisa mengidentifikasi patogen/penyakit. Sistem imun akan membentuk antibodi khusus untuk jenis patogen/penyakit tertentu. Jadi, ketika patogen itu datang lagi, maka tubuh sudah memiliki proteksi  untuk melawan patogen tersebut.

  • Sistem Imun Pasif
  • Berbeda dari kedua sistem imun sebelumnya yang dapat dibentuk secara alami oleh tubuh, sistem imun pasif dipinjam dari orang lain. Contohnya adalah ASI yang diberikan pada bayi mengandung sistem imun dan antibodi dari ibunya.

    Tanda-tanda Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

    Setelah mengetahui 3 jenis kekebalan tubuh, Anda harus berupaya lebih baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Tujuannya adalah agar tidak mudah terserang penyakit. Bisa juga minum vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, sebelum patogen dan berbagai penyakit berhasil menginfeksi tubuh sebaiknya kenali dulu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

    • Warna urine tidak jernih atau keruh hingga cenderung berwarna kuning pekat, hal ini menunjukkan bahwa patogen/racun pada tubuh gagal dikeluarkan dengan baik
    • Berat badan menjadi lebih cepat atau mudah bertambah, berhati-hatilah karena obesitas bisa mengganggu keseimbangan hormon tubuh
    • Lebih sering mengalami sakit atau flu hingga lebih dari 3 kali dalam setahun, hal ini menunjukkan sistem imun tidak dapat bekerja dengan baik dan maksimal
    • Mengalami stress atau terlalu banyak pikiran dan merasa mudah tertekan juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang

    Tidak semua orang peka terhadap kondisi tubuhnya, padahal bila terlambat Anda bisa terserang penyakit dan kondisi kesehatan memburuk. Oleh karena itu Anda harus bisa mengenali tubuh Anda sendiri. Jika dirasa kurang sehat atau sistem imun melemah, Anda bisa lakukan berbagai upaya untuk mencegah ancaman penyakit. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minum vitamin atau produk herbal.

    Cara Memperkuat Sistem kekebalan Tubuh 

    Ketiga jenis kekebalan tubuh akan sangat berguna jika sistemnya kuat. Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, Anda perlu rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan tidur, jaga kebersihan dan hindari stress. Bila perlu, minum vitamin atau herbal kesehatan thyponisix. Silahkan mengunjungi website Dami Sariwana untuk mendapatkan berbagai produk-produk kesehatan berkualitas.




    Artikel Lainnya