Gatal pada Kulit, Jangan Digaruk! Lakukan ini

Sudah menjadi hal wajar, apabila gatal pada kulit kita pasti secara tidak sadar akan menggaruknya. Padahal ada cara lain yang dapat dilakukan tanpa harus merusak kulit.

Memang, gatal datangnya secara tiba-tiba dan tentu itu sangat mengganggu. Apalagi bila saat itu, kamu sedang berada di dalam sebuah acara penting. Namun tetap saja, alangkah baiknya jangan digaruk.

Kamu dapat meredahkan gatal dengan cara lain, salah satu caranya kamu bisa mengusapnya dengan cara perlahan. Selain dapat meredahkan rasa gatal. Cara tersebut juga dapat memberikan rasa nyaman. 

Lakukan Ini Saat Gatal pada Kulit

Seperti telah dibahas sebelumnya, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meredahkan gatal-gatal. Beberapa cara ini sangat efektif, karena tidak melukai kulit, di antaranya sebagai berikut :

  1. Tepuk-tepuk bagian yang gatal

Apabila sudah tidak tahan lagi dengan rasa gatal tersebut, jangan digaruk, coba untuk menepuk-nepuk bagian yang gatal. Hal tersebut agar kulit kamu tidak lecet serta mencegah terjadinya infeksi akibat garukan.

  1. Usap perlahan

Selain dengan ditepuk-tepuk, cara berikutnya yang bisa kamu lakukan ketika gatal pada kulit ialah mengusapnya perlahan. Seperti telah dibahas sebelumnya, dengan mengusapnya secara perlahan, kamu akan merasa jauh lebih nyaman.

Selain bisa meredahkan gatal-gatal, cara tersebut juga tidak melukai kulit. Cara ini tentu saja lebih disarankan dibanding harus menggarukknya. Sebab, menggaruk akan dapat merusak kulit dan membuatnya iritasi. 

  1. Kompres air dingin

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan apabila gatal pada kulit adalah dengan mengompresnya dengan air dingin. Kamu cukup tempelkan es batu dibungkus handuk atau kain lap ke bagian kulit yang gatal.

Lakukanlah cara tersebut selama kurang lebih 10 menit hingga rasa gatalnya berkurang. Hindari juga paparan dari air panas, karena air panas bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Gunakan oatmeal

Siapa sangka, oatmeal ternyata tidak hanya bisa dimakan, namun juga bisa digunakan untuk meredahkan gatal-gatal pada kulit. Cukup campurkan oatmeal dengan air yang akan digunakan untuk mandi.

Tetapi sebelumnya, blender dulu oatmeal hingga butirannya halus, barulah taburkan butiran halus tadi ke dalam bak mandi berisi air. Setelah itu kamu bisa berendam di situ selama minimal 15 menit.

  1. Gunakan pelembab

Apabila gatal pada kulit, kamu juga dapat menggunakan pelembab yang bebas dari zat-zat mengandung parfum untuk meredahkannya. Kamu juga bisa oleskan pelembab yang telah didinginkan di lemari es.

  1. Ganti pakaian yang tidak memicu gatal-gatal

Pakaian yang sedang kamu pakai bisa jadi adalah salah satu pemicu terjadinya gatal-gatal pada tubuh. Maka dari itu, kamu perlu memberikan perhatian lebih terhadap bahan pakaian yang akan digunakan.

Terutama saat kamu ingin menghadiri acara penting. Hindari menggunakan pakaian berbahan wol, atau bahan lain yang tidak bisa menyerap keringat. Pilihlah bahan lain yang bisa mencegah timbulnya gatal, seperti katun.

  1. Gantilah sabun, sampo atau kosmetikmu

Cara berikutnya yang bisa dilakukan saat gatal pada kulit adalah dengan mengganti sampo, sabun atau bahkan kosmetik. Sebab bisa jadi bahan-bahan yang terkandung di dalam produk-produk tersebut adalah pemicunya.

Coba cari tau dulu apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut. Apakah ada bahan yang bisa memicu terjadinya gatal-gatal. Apabila ada, lebih baik segera ganti dengan produk lain.

  1. Jangan mandi dengan air hangat

Sebaiknya, hindari mandi dengan air hangat, sebab hal itu membuat gatal menjadi semakin parah. Air hangat bisa membuat suhu tubuh jadi meningkat, peningkatan suhu tubuh membuat rasa gatal semakin memburuk.

Lebih baik, mandilah air dingin dalam waktu jangan lebih dari 20 menit. Selain bisa mengurangi gatal-gatal, mandi air dingin juga bisa melancarkan peredaran darah. Lengkapi juga dengan menggunakan sabun antibakteri. 

Selain beberapa cara di atas, untuk meringankan gatal-gatal, kamu juga bisa menggunakan produk kami, Negatal. Negatal merupakan salah satu produk unggulan kami, PT. Dami Sariwana. 

Ampuh meringankan gatal-gatal pada kulit, jerawat dan juga bisul. Terbuat dari berbagai macam bahan alami, jadi dijamin aman untuk dikonsumsi. Jadi apabila gatal pada kulit, segera gunakan produk kami, Negatal.




Keyword: gatal pada kulit

Meta deskripsi: hal yang bisa dilakukan saat gatal pada kulit. Antara lain menepuk-nepuknya, mengusapnya dengan halus dan sebagainya, kemudian segera gunakan produk Negatal.

Artikel Lainnya