6 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

6 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Agar tubuh semakin fit, meningkatkan kualitas tidur adalah salah satu hal yang perlu untuk dilakukan. Pasalnya, orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu istirahat antara 7-9 jam setiap harinya.  

Jika waktu istirahat cukup, tubuh akan senantiasa melakukan regenerasi sel secara sempurna sehingga akan terasa fit di kemudian hari. Sebaliknya, jika waktu istirahat kurang, tentu proses regenerasi sel tidak maksimal.

Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk seperti adanya pekerjaan di malam hari, kebiasaan begadang, hingga bermain game online. Lantas, bagaimana agar kualitas tersebut meningkat?

6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Seperti pembahasan di atas, istirahat yang berkualitas akan membuat tubuh menjadi lebih fit setiap harinya. Jika selama ini kualitas tidur kamu terbilang buruk, beberapa tips berikut bisa menjadi solusinya:

  • Atur Jadwal Tidur
  • Tips pertama untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan membuat jadwal tidur yang teratur. Hal ini secara tidak langsung dapat membentuk ritme sirkadian atau jadwal alami tubuh untuk beristirahat.

    Jika waktu tidur teratur, kondisi tubuh juga akan semakin segar dan fit saat beraktivitas. Hal itu karena ritme sirkadian telah mengatur kapan tubuh siap beraktivitas dan kapan tubuh harus beristirahat.

  • Olahraga Secara Rutin
  • Selain mengatur jadwal istirahat, buatlah jadwal untuk berolahraga secara rutin. Olahraga sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Tidak perlu lama, setidaknya luangkan 150 menit dalam seminggu.

    Variasikan jenis olahraga yang dilakukan mulai dari kardio, angkat beban, senam, dan sebagainya. Lakukan secara bergantian setiap hari atau setiap dua hari sekali.

  • Jaga Pola Makan
  • Pola makan juga harus diperhatikan baik itu jenis makanannya ataupun waktu memakannya. Hal itu akan berkaitan dengan sistem pencernaan dan juga metabolisme tubuh kita nantinya. 

    Jika waktu makan kamu teratur, maka jadwal BAB akan sama setiap harinya. Selain itu, pola makan teratur juga bisa mencegah perut lapar di waktu istirahat atau kenyang saat ingin beristirahat.

  • Melakukan Meditasi
  • Menjalani meditasi sebelum tidur akan membantu kita menjernihkan pikiran dan melegakan pernapasan. Jika pikiran tenang dan jauh dari stres, tentu secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas tidur.

    Lakukan meditasi sebelum beristirahat dengan duduk bersila dan melakukan latihan pernapasan selama beberapa menit. Kamu juga bisa melakukan peregangan agar otot-otot di tubuh kembali rileks setelah digunakan seharian.

  • Buat Tempat Tidur Menjadi Nyaman
  • Tips meningkatkan kualitas tidur selanjutnya adalah dengan membuat dipan menjadi lebih nyaman. Kamu bisa mulai dengan memberi aroma terapi di sisi samping, mengatur pencahayaan, atau menambahkan audio.

    Semakin nyaman dipan yang kita gunakan, tentu akan membuat istirahat menjadi lebih lelap dan minim gangguan. Dengan begitu, potensi terbangun sebelum waktunya dapat dihindari.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur dengan Obat Herbal Vitasleep
  • Jika kamu sering mengalami insomnia atau cemas di malam hari, obat herbal Vitasleep adalah solusi terbaik yang perlu dicoba. Dengan kandungan alaminya, obat herbal ini aman dari berbagai efek samping.

    Penenang sendiri adalah salah satu produk herbal dari PT. Dami Sariwana yang mampu meringankan gangguan sulit tidur. Dengan begitu, istirahat akan menjadi lebih lelap dan semakin berkualitas.

    Dengan kualitas tidur yang meningkat, tubuh akan menjadi lebih fit dan semakin produktif saat beraktivitas. Untuk itu, coba terapkan beberapa tips meningkatkan kualitas tidur di atas mulai hari ini.











    Keyword: Meningkatkan Kualitas Tidur

    Deskripsi: Agar tubuh semakin fit dan produktif saat beraktivitas, kita perlu untuk meningkatkan kualitas tidur. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu lakukan.

    Artikel Lainnya