Sumber Flavonoid dalam Makanan untuk Menjaga Kesehatan

Sumber Flavonoid dalam Makanan untuk Menjaga Kesehatan

Sumber flavonoid dalam makanan sehat seperti buah dan sayur sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Flavonoid sendiri sebenarnya adalah senyawa yang ada pada tanaman dengan enam jenis utama dengan masing-masing memberi efek positif.

Manfaat dari senyawa ini sendiri karena adanya banyak antioksidan yang sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Apalagi ketika covid-19 sedang mengancam, konsumsi buah dan sayuran dengan kandungan flavonoid sangat dianjurkan.

Selain menangkal penyakit, ada beberapa penelitian menyebut jika banyak memakan buah maupun sayuran yang kaya kandungan ini bisa mengurangi risiko penyakit kronis. Mulai dari kardiovaskular, diabetes, bahkan hingga kanker yang mematikan.

Berbagai Sumber Flavonoid dalam Makanan

Ada banyak sekali sumber flovanoid di dalam makanan yang ada disekitar jadi bisa dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa buah dan sayur dengan kandungan senyawa kaya antioksidan untuk mencegah virus dan penyakit.

  • Buah Beri
  • Semua jenis beri sangat kaya antioksidan ini, namun satu varietas memiliki kandungan yang lebih kuat dibanding lainnya. Misalnya saja rasberry, blackberry, blueberry, maupun cari memiliki keenam jenisnya, sementara strawberry hanya memiliki antosiadin sedang.

  • Sitrus
  • Sitrus sama seperti kandungan pada beberapa jenis jeruk, lemon, maupun limau yang memiliki flavanon, salah satu dari sumber flavonoid dalam makanan. Jus yang terbuat dari buah masam ini bisa menghasilkan kandungan yang lebih terkonsentrasi.

    Jika kamu ingin menambah nilai gizi buah ini, bisa dengan memeras lemon maupun jeruk nipis segar dalam air es. Selain menyehatkan, minuman ini sangat cocok dinikmati ketika cuaca sedang panas.

  • Cokelat Hitam
  • Kemudian ada cokelat hitam dan kakao, merupakan sumber flavonoid dalam makanan yang tinggi. Studi tentang kakao juga menyebutkan bahwa sifatnya dapat meningkatkan kognitif. Selain itu, juga memberikan perlindungan sistem kardiovaskular.

    1. Daun Kale

    Daun kale merupakan sayuran yang sangat sering ditemui pada salad, biasanya juga dimasak untuk sup atau semur. Sayuran ini juga sangat sehat untuk dikonsumsi sehari-hari dan bisa dijadikan berbagai makanan untuk menambah nilai gizi.

    Jika kamu tidak suka dengan sayuran, maka bisa menjadikan daun kale sebagai bahan untuk smoothies atau shake. Rasa sayur akan hilang dan jauh lebih nikmat.

  • Kubis Merah
  • Sayuran selanjutnya yang menjadi sumber flavonoid dalam makanan selanjutnya adalah kubis merah dengan antosiadin tinggi. Antosiadin sendiri bisa memberikan perlindungan terhadap risiko kanker, penyakit kronis lain, serta gangguan kognitif karena usia.

  • Bawang
  • Bawang sangat mudah ditemukan, apalagi bawang menjadi bahan utama hidangan di rumah. Bahan sederhana ini juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bawang bombay sendiri mengandung flavonol yang bisa mencegah kanker prostat.

  • Teh
  • Bukan hanya bisa digunakan untuk diet saja, sumber flavonoid dalam makanan yang berasal dari teh juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung flavanol yang sangat tinggi. Manfaat teh jika dikonsumsi sehari-hari juga baik untuk kardiovaskular dan kognitif.

    Sumber Flavonoid dalam Sumplemen

    Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh sebagai tambahan. Salah satunya adalah Thyponisix dengan kandungan daun sirsak yang kaya flavonoid dengan antioksidan aktif.

    Thyponisix dari Dami Sariwana juga aman dikonsumsi karena komposisi di dalamnya merupakan bahan herbal alami tanpa kimia. Selain dapat mencegah berbagai penyakit terutama di masa pandemi ini, tidak ada efek samping dalam penggunaannya.

    Merk vitamin untuk daya tahan tubuh ini memiliki kualitas yang teruji, juga sudah terdaftar BPOM dan sertifikasi halal dari MUI. Kamu bisa langsung membeli Thyponisix ini dengan pengiriman cepat.

    Buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh karena sumber antioksidan di dalamnya. Selain itu, sumber flavonoid dalam makanan dapat efektif dalam mencegah penyakit kronis seperti kanker.


    Keyword : sumber flavonoid dalam makanan

    LSI: suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, Merk vitamin untuk daya tahan tubuh

    Deskripsi : Ada banyak sayur dan buah yang menjadi sumber flavonoid dalam makanan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dari berbagai penyakit kronis

    Artikel Lainnya