Penyebab Sistem Imun Menurun yang Harus Dihindari

Banyak penyebab sistem imun menurun saat ini. Mulai dari faktor lingkungan, hingga faktor kebiasaan. Dampaknya tentu saja sangat buruk, misalnya saja kondisi tubuh akan melemah dan mudah terserang penyakit.

Sistem imun atau daya tahan tubuh sistem pertahanan alami tubuh. Sistem ini memiliki peran untuk mengenali dan menghancurkan benda asing, patogen, atau sel abnormal yang merugikan.

Tidak hanya itu, sistem imun juga akan menetralkan benda-benda tersebut hingga tidak memiliki potensi bahaya. Sederhananya adalah sistem daya tahan tubuh tersebut bisa melindungi kamu dari penyakit.

Sayangnya, pada kondisi tertentu sistem imun bisa melemah. Artinya, kondisi kesehatan kamu sangat berisiko. Ada beberapa penyebab kekuatan sistem imun jadi menurun yang akan dijelaskan pada artikel ini.

5 Faktor Utama Penyebab Sistem Imun Menurun

Pentingnya peran sistem imun dalam tubuh membuat setiap oran harus menjaganya sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan menghindari penyebab-penyebab menurunnya sistem daya tahan tubuh tersebut.

Penyebab tersebut, mungkin tanpa disadari sering kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, mulai saat ini kamu harus mulai menghindarinya. Meski sebenarnya sudah banyak obat daya tahan tubuh.

Akan tetapi tanpa menghindari penyebabnya, obat tersebut tidak akan maksimal. Mungkin sebagian dari kamu masih bingung mengenai apa saja penyebab turunnya sistem imun dalam tubuh. Simak selengkapnya berikut ini:

  • Waktu Tidur Kurang
  • Penyebab sistem imun menurun yang pertama adalah kamu kurang tidur. Bagi kamu yang saat ini sering mengabaikan waktu tidur ideal, mulai sekarang harus mulai mengubahnya dan membiasakan tidur cukup.

    Sebab, saat tidur sel-sel imun akan bekerja secara maksimal melawan penyakit. Ketika kamu kurang tidur, maka poses tersebut tidak akan berjalan maksimal. Justru akan membuat tubuh rentan terserang penyakit.

    Sebagai orang dewasa, kamu harus membiasakan tidur selama 7 hingga 9 jam per hari. Dengan demikian, sistem imun akan tetap kuat dan tubuh selalu bugar.

  • Mengalami Stress
  • Penyebab sistem imun menurun berikutnya adalah karena stress. Lebih tepatnya adalah karena dampak yang disebabkan oleh stress. Seperti yang diketahui bahwa stress dapat menimbulkan berbagai efek negatif. 

    Misalnya adalah tidak nafsu makan, sulit tidur, malas beraktivitas, dan masih banyak lainnya. Cara menghindari stress memang gampang-gampang susah. Tapi, ada beberapa hal yang bisa kamu coba, di antaranya adalah membaca, menonton, jalan-jalan, atau sekedar curhat kepada teman baik.

  • Mengalami Dehidrasi
  • Kurangnya cairan dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan dehidrasi menjadi salah satu penyebab sistem imun menurun. Hal ini dikarenakan tubuh manusia terdiri dari 60% air.

    Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka akan sistem imun akan ikut menurun dan tidak bisa bekerja melindungi tubuh secara maksimal. Rata-rata kebutuhan air harian untuk tubuh 1,5 hingga 2 liter.       

  • Tubuh Kekurangan nutrisi
  • Faktor menurunnya sistem imun adalah karena tubuh kamu kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, selalu pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk mengatasi penyebab sistem imun menurun ini.

    Beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk sistem imun adalah sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan masih banyak lagi. Agar memaksimalkan hasilnya, kamu juga bisa membarenginya dengan mengonsumsi suplemen.

    Salah satu suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Top Up. Suplemen ini terbuat dari 100% bahan alami, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Selain itu, Top Up sudah memiliki sertifikat halal MUI.

    Obat tradisional ini juga sudah memiliki nomor registrasi POM TR. Untuk pemesanannya, kamu bisa langsung menuju website kami. Banyak promo spesial yang akan diperoleh, jadi segera pesan sekarang juga.

    Untuk mempertahankan sistem imun, kamu memang harus berusaha ekstra. Selain menghindari penyebab sistem imun menurun, kamu juga perlu minum multivitamin.




    Keyword: penyebab sistem imun menurun

    LSI: obat daya tahan tubuh, suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh

    Deskripsi: Banyak penyebab sistem imun menurun saat ini. Mulai dari faktor lingkungan, hingga faktor kebiasaan. Dampaknya tentu saja sangat buruk

    Artikel Lainnya