Mengetahui Jenis Radikal Bebas Berbahaya untuk Kesehatan

Mengetahui Jenis Radikal Bebas Berbahaya untuk Kesehatan

Jenis radikal bebas mungkin jarang terdengar di telinga, padahal berbagai penyakit sudah mengintai karena zat berbahaya ini. Apalagi molekulnya ada di mana saja sehingga perlu pencegahan agar tidak merusak sel dalam tubuh.

Radikal bebas sendiri sebenarnya merupakan sebuah molekul dengan kandungan elektron yang tidak memiliki pasangan sehingga menyumbang juga menerima elektron dari molekul lain. Oleh karena itu sifatnya bisa menjadi tidak stabil serta reaktif.

Jika terlalu banyak zat ini di dalam tubuh, maka akan terjadi stres oksidatif. Artinya jumlah dari antioksidan sangat sedikit jika dibandingkan radikal bebas. Sedangkan peran antioksidan sangat penting untuk mencegah kerusakan sel seperti lipid, asam nukleat, maupun protein.

Mengetahui Jenis Radikal Bebas yang Berbahaya

Radikal bebas dalam jumlah tidak banyak memang memberikan manfaat, namun bisa berbahaya jika berlebihan. Berikut beberapa radikal bebas yang mengintai jika tidak ada pencegahan.

  • Asap Rokok
  • Jenis radikal bebas rokok sangat berperan dengan terjadinya kerusakan sel pada saluran pernapasan. Bahkan setiap hisapan pada rokok saja memiliki oksida sangat besar mulai dari aldehida, peroxida, epoxida, hingga radikal bebas.

    Semua itu bisa bertahan dalam tubuh sehingga alveoli di paru-paru menjadi rusak. Selain itu terdapat juga bahan lain dengan kandungan karbon pada fase gas. Meskipun mengandung molekul namun relatif stabil dalam fase tar.

  • Polusi Udara
  • Polusi udara menjadi jenis radikal bebas yang pasti sangat sering ditemui jika kamu tinggal di kota-kota besar. Asap kendaraan, limbah pabrik, dan masih banyak lainnya ada di sekitar yang memberikan peran masuknya molekul berbahaya dalam tubuh.

    Selain dari polusi dari luar, molekul-molekul ini juga bisa diproduksi secara internal dalam tubuh. Selain proses dari respirasi alami, metabolisme buruk juga menjadi salah satu penyebabnya.

  • Sinar UV
  • Kamu tentu tidak asing dengan jenis radikal bebas satu ini, sebab sudah ada banyak sekali produk-produk kecantikan yang menawarkan perlindungan dari sinar UV. Sumbernya sendiri adalah gelombang panjang matahari yang menimbulkan radiasi

  • Obat-obatan
  • Memilih suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh perlu kecermatan agar mendapatkan produk terbaik. Sebab berbagai macam obat apalagi yang tidak jelas kualitasnya dapat meningkatkan produksi dari radikal bebas.

  • Olahraga Berlebihan
  • Tahukah kamu jika olahraga yang berlebihan justru dapat membentuk radikal bebas? Hal ini karena tubuh akan membutuhkan suplai oksigen dalam jumlah lebih banyak dan meningkatkan molekul berbahaya.

    Tubuh memang membutuhkan olahraga karena bisa menyehatkan. Namun, ada baiknya hanya sesuai kebutuhan saja dan tidak terlalu berlebihan. 

    Mencegah Dampak Buruk Radikal Bebas

    Berbagai jenis radikal bebas dapat dicegah dengan gaya hidup sehat dan menghindari berbagai kebiasaan buruk. Salah satu kebiasaan yang harus dihentikan adalah merokok,  sebab zat berbahaya di dalamnya dapat menyebabkan penyakit pada paru-paru.

    Selain itu,  kamu juga mulai harus mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi. Bukan hanya baik untuk kesehatan, antioksidan juga dapat mencegah adanya radikal bebas yang merusak tubuh.

    Menggunakan produk kesehatan herbal juga bisa membantu dalam mencegah radikal bebas. Namun, tetap harus cermat memilihnya agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan bukan malah sebaliknya.

    Rekomendasi terbaik adalah mengkonsumsi Thyponisix dari Dami Sariwana yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi sekarang, suplemen ini sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh.

    Dami Sariwana sendiri merupakan sebuah perusahaan herbal terpercaya yang telah mengalami persaingan ketat. Kualitas yang tidak perlu diragukan juga membuat produknya di terima luas di Indonesia maupun internasional.

    Menjaga kesehatan tubuh dari berbagai molekul berbahaya sangat penting dilakukan agar tidak terserang penyakit mematikan. Berbagai jenis radikal bebas bisa dicegah dengan hidup sehat serta mengkonsumsi produk herbal seperti Thyponisik.


    Keyword : jenis radikal bebas

    LSI: suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, produk kesehatan herbal, perusahaan herbal

    Deskripsi : Berbagai jenis radikal bebas sangat berbahaya untuk kesehatan karena menimbulkan berbagai penyakit sehingga harus melakukan pencegahan

    Artikel Lainnya