Kaum Hawa, Ini Dia Batas Telat Haid yang Perlu Diwaspadai

Kaum Hawa, Ini Dia Batas Telat Haid yang Perlu Diwaspadai

Batas telat haid kerap dianggap sebagai awal dari kehamilan. Ya, menstruasi yang terlambat memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah kehamilan.

Perlu dipahami, menstruasi yang terlambat dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti masalah kesehatan. Mengetahui batas terlambat datang bulan dan kapan harus ke dokter sangatlah penting.

Pada kenyataannya, sejumlah faktor, termasuk stres, penurunan atau penambahan berat badan, hamil, menggunakan alat kontrasepsi, ketidakseimbangan hormon, dan sakit, dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Berapa Lama Batas Telat Haid yang Perlu Diwaspadai?


Karena kondisi ini sering muncul dan bisa dirasakan oleh semua wanita, terkadang hal ini dianggap sepele. Tetapi sangat penting untuk memahami kapan menstruasi terlambat dan apa yang perlu dilakukan.

Menstruasi yang terlewat membutuhkan perhatian medis jika itu berasal dari masalah kesehatan untuk mencegah implikasi yang signifikan.

Cobalah untuk menjadwalkan pemeriksaan dengan spesialis kebidanan dan kandungan (Sp.OG) untuk mengetahui lebih lanjut tentang batas telat haid dan kemungkinan penyebab terlambatnya menstruasi.

Nantinya dokter akan memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi keterlambatan haid.

Mengetahui batas atas periode yang terlewat akan membantumu memutuskan kapan harus mengunjungi rumah sakit. Jangan biarkan terus menerus karena ini bisa menjadi gejala penyakit.

Untuk memastikan janin tumbuh dan berkembang dengan baik dan menurunkan bahaya masalah kehamilan, pengobatan juga harus segera dimulai jika terlambat menstruasi disebabkan oleh kehamilan.

Bila batas telat haid yang terjadi yaitu lebih dari 90 hari, disarankan untuk mengunjungi dokter. Selain itu, jika siklus menstruasi tidak normal, ada perdarahan yang signifikan, atau menstruasi tiba-tiba berhenti, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Batas Telat Haid yang Diakibatkan Oleh Penyakit


Penyakit seperti ovarium polikistik (PCOS), penyakit kronis seperti ketidakseimbangan hormon atau gula darah, dan masalah tiroid juga dapat mempengaruhi menstruasi.

Selain itu, fungsi abnormal kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan masalah menstruasi. Ya, metabolisme tubuh diatur oleh kelenjar ini. Itu artinya, bila ada masalah dengan kelenjar tiroid, maka batas telat haid dapat terjadi.

Ada beberapa gejala yang bisa diidentifikasi terkait kelenjar tiroid. Misalnya, cepat lelah, penurunan atau peningkatan berat badan yang cepat, fluktuasi berat badan, rambut rontok, dan kepekaan yang berlebihan terhadap panas atau dingin.

Namun jangan khawatir, penyakit ini dapat diobati dengan obat atau operasi yang tepat. Siklus menstruasi akan kembali normal jika masalah ini selesai ditangani. Karena itu, jika kamu mengalami telat menstruasi, segera konsultasikan ke dokter.

Hal Lain yang Menyebabkan Batas Telat Haid


Ada beberapa hal yang menyebabkan telat menstruasi yang menjadi hal banyak ingin di keathui wanita, di antaranya adalah:

  • Olahraga Berlebihan

  • Berolahraga memang sehat, namun aktivitas yang sehat pun memiliki efek samping jika dilakukan secara berlebihan.


    Berolahraga terlalu banyak dapat menyebabkan kekurangan sekresi estrogen, hormon yang bertanggung jawab untuk ovulasi. Jika terjadi defisiensi estrogen, menstruasi akan tertunda atau bahkan terputus untuk jangka waktu tertentu.


  • Perubahan Zona Waktu

  • Percaya atau tidak, kebiasaan tidur akan berpengaruh besar pada tubuh. Jadi, jika kamu bepergian ke negara lain dengan zona waktu yang berbeda, mungkin kamu akan mengalami telat menstruasi untuk sementara.


  • Menyusui

  • Hormon prolaktin, yang ditemukan dalam tubuh wanita, bertanggung jawab atas kemampuan wanita untuk memproduksi ASI.


    Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon ini, yang dibeberapa kasus dapat menyebabkannya tertunda atau bahkan berhenti sama sekali selama satu tahun.

    Apabila kamu mengalami telat haid, sebaiknya kunjungi dokter atau konsumsi obat herbal secara tepat. Adapun obat herbal yang direkomendasikan adalah menses dari PT. Dami Sariwana karena terbukti ampuh mengatasi masalah menstruasi tanpa efek samping sama sekali. Ya, di atas adalah penjelasan berapa lama batas telat haid yang perlu diwaspadai.



    Kewyord : batas telat haid

    Deskripsi: Batas telat haid kerap dianggap sebagai awal dari kehamilan. Ya, menstruasi yang terlambat memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah kehamilan.



    Artikel Lainnya