Jenis Gangguan Saat Haid yang Menyebabkan Rasa Nyeri

Jenis Gangguan Saat Haid yang Menyebabkan Rasa Nyeri

Gangguan saat haid merupakan hal yang sangat lumrah ketika seorang wanita mendapatkan menstruasi. Hanya saja, hal tersebut seringkali dirasakan sangat mengganggu karena menyebabkan rasa sakit seperti kram terutama pada perut.

Rasa sakit tersebut sering dirasakan hingga berhari-hari lamanya sehingga dianggap sangat mengganggu. Selain itu, penyebab rasa nyeri pada perut tersebut tidak lepas dari gangguan berupa faktor kesehatan di bawah ini.

Jenis-jenis Gangguan Saat Haid Saat Mendapatkan Menstruasi

Menstruasi yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut, tidak lepas dari adanya gangguan berupa penyakit. Beberapa di antaranya adalah endometriosis, adenomyosis, PMS, radang panggul, PMS, hingga adanya gejala seperti fibroid. 

  1. Adanya kelainan pada bagian rahim (endometriosis)

Gangguan saat haid bisa terjadi karena adanya kelainan berupa endometrium yang ditemukan di luar rahim pada umumnya. Gejala tersebut terperangkap di dalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya rasa sakit seperti nyeri.

Hal tersebut dapat memicu kram yang menyakitkan, pendarahan hebat, iritasi hingga menyebabkan peradangan. Kabar baiknya, sebagian besar kasus endometriosis saat menstruasi dapat dikelola dengan baik dengan obat-obatan dan prosedur tertentu.

  1. Adanya pertumbuhan di permukaan otot rahim (adenomyosis)

Gangguan saat haid seperti adenomyosis bisa dibilang merupakan versi jinak dari endometriosis. Hanya saja, keberadaannya tetap bisa menyebabkan terjadinya kram hebat pada perut, sehingga meninggalkan rasa sakit yang luar biasa. 

Adenomyosis termasuk kondisi medis yang dapat diobati meski endometrium tumbuh menjadi dinding pada otot rahim. Produk herbal seperti Menses merupakan obat herbal untuk meredakan rasa nyeri. 

  1. Sindrom pre-menstrual (PMS)

Juga dikenal sebagai sindrom pramenstruasi, PMS dinilai mempengaruhi 90 persen wanita saat mereka mendapatkan menstruasi. Gejalanya terlihat beberapa hari sebelum menstruasi terjadi dan berlanjut ke hari pertama hingga ke dua. 

Salah satu bentuk gangguan saat haid ini seringkali dianggap sebagai faktor utama yang menyerang secara psikis. Di mana wanita merasakan gejala seperti kelelahan, mudah marah, hingga kram di bagian perut.

  1. Penyakit radang panggul

Penyakit yang disebut sebagai inflamasi panggul (PID) ini terjadi ketika bagian rahim serta ovarium terinfeksi. Peradangan biasanya dimulai ketika bakteri dari infeksi menular seksual (IMS) berjalan menuju ke organ reproduksi.

Selain itu, PID biasanya juga terjadi jika sebelumnya pernah menjalani bedah medis. Sementara itu, banyak wanita tidak mengalami gejala PID namun dirasakan oleh sebagian orang sebagai penyebab kram yang menyakitkan.

  1. Adanya gejala fibroid

Gangguan saat haid karena fibroid disebakab oleh pertumbuhan jaringan non-kanker di bagian lapisan luar rahim. Ukurannya bisa sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang, atau bahkan terlihat sangat besar.

Karena fibroid tumbuh di lapisan rahim, keberadaannya dapat menyebabkan menstruasi berat serta kram penyebab yang menyakitkan. Biasanya, hal tersebut terjadi karena adanya faktor-faktor tertentu, sehingga pertumbuhannya tidak bisa diperkirakan sebelumnya.

Mengonsumsi Menses Sirup untuk Redakan Nyeri

Menstruasi yang menyebabkan terjadinya rasa nyeri pada perut, bisa diredakan dengan mengonsumsi produk herbal seperti Menses. Obat-obatan tersebut dibuat oleh PT. Dami Sariwana dengan kandungan alami berupa ekstrak tanaman terpilih.

Jika rutin dikonsumsi, gangguan saat haid penyebab rasa sakit pada area perut bisa diredakan dengan mudah. Sesuai fungsi utamanya, Menses dibuat untuk melancarkan haid serta mengurangi nyeri selama masa menstruasi.

Produsen obat-obatan herbal seperti PT. Dami Sariwana dikenal lewat berbagai jenis produk kesehatannya. Meski menggunakan bahan-bahan tradisional, kemasannya dibuat secara modern sehingga memudahkan konsumen ketika mereka membutuhkannya saat mengalami sakit.

Produk seperti Menses di atas diminum 3 kali sehari untuk ukuran 1 sachet. Kamu bisa mendapatkannya di situs resmi PT. Dami Sariwana dan rutin diminum agar gangguan saat haid bisa diredakan secara efektif.



Meta Keyword: Gangguan saat haid 

Meta Deskripsi: Gangguan saat haid yang disebabkan oleh gejala fibroid, radang panggul, PMS, adenomyosis, hingga endometriosis, merupakan faktor penyebab rasa nyeri.



Artikel Lainnya