Apa Itu Radikal Bebas: Bahaya dan Cara Mengatasinya

Apa itu radikal bebas dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak menyerang tubuh Anda? Banyak orang sudah pernah mendengar istilah ini, tetapi masih sedikit yang memahaminya dengan baik. Padahal, informasi tersebut cukup penting terutama dalam memastikan diri serta keluarga terhindar dari kontaminasi radikal bebas.

Bahaya, Apa Itu Radikal Bebas?

Definisi

Simpelnya, radikal bebas dapat didefinisikan sebagai setiap spesies molekul yang mampu berdiri sendiri dengan kandungan elektron tidak berpasangan dalam orbital atom. Kehadiran elektron tanpa pasangan tersebut menghasilkan sifat-sifat umum tertentu yang dimiliki oleh sebagian besar radikal. Kebanyakan dari senyawa ini tidak stabil dan sangat reaktif.

Itulah mengapa kehadirannya dianggap cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Pasalnya, radikal bebas berpotensi menyumbangkan atau menerima elektron pada molekul lain, sehingga membawa risiko sebagai oksidan atau reduktor. Jika jumlahnya di dalam tubuh tidak terkontrol, maka akan memicu berbagai macam penyakit.

Risiko Bahaya

Radikal bebas dikabarkan mampu memecah sel Anda dari waktu ke waktu. Kemudian seiring bertambahnya usia, tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk melawan efek dari kontaminasi tersebut. Dengan banyaknya radikal bebas, maka lebih banyak pula stres oksidatif, sehingga begitu mudah terjadi kerusakan sel. 

Semua itu pada imbasnya bisa mengarah pada proses degeneratif, juga penuaan dini. Bahkan, kontaminasi radikal bebas secara terus-menerus di dalam tubuh akan memicu munculnya penyakit mematikan seperti kanker. Tentu, tidak seorang pun ingin mengalami situasi semacam ini, bukan? Sayangnya, kita hidup bersama senyawa berbahaya yang bertebaran di udara ataupun makanan.

Setelah Tahu Apa Itu Radikal Bebas, Lalu Bagaimana Cara Mencegahnya?

Antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang berfungsi mencegah oksidasi dari molekul lain. Ini merupakan bahan kimia dengan kemampuan utama meminimalkan atau bahkan mencegah efek radikal bebas. Cara kerjanya yaitu menyumbangkan elektron bagi radikal bebas, sehingga mengurangi reaktivitasnya.

Uniknya, antioksidan ini dapat menyumbangkan elektron tanpa menjadi bagian dari radikal bebas reaktif itu sendiri. Sesungguhnya tidak ada molekul tunggal yang bisa memerangi efek dari setiap radikal bebas. Sebagaimana halnya radikal bebas di mana punya risiko bervariasi tergantung area terkontaminasi, antioksidan pun berperilaku demikian akibat beragamnya sifat kimia.

Meski begitu, pada kondisi spesifik, sejumlah antioksidan bisa bertransformasi pro-oksidan, yang menangkap elektron dari molekul lain. Ini kemudian akan menciptakan ketidakstabilan kimia serta bisa menyebabkan stres oksidatif. Jadi, dalam memanfaatkannya sebagai penangkal radikal bebas, sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Pemanfaatan Produk Herbal

Produk herbal setidaknya bisa dipastikan telah diproses sedemikian rupa tanpa pemanfaatan bahan-bahan kimia. Dengan begitu, kandungan radikal bebasnya dapat ditekan sekecil mungkin hingga mendekati nol. Atas dasar inilah, banyak studi di bidang medis menyarankan pemakaian suplemen berbahan alami demi menangkal efek buruk dari kontaminasi radikal bebas.

Masalahnya, seiring berjalannya waktu terutama dengan ketakutan masyarakat akibat pandemi dua tahun terakhir, berbagai macam perusahaan yang ekuivalen kian bermunculan. Mereka menawarkan produk kesehatan herbal, tetapi sebagian kredibilitasnya layak dipertanyakan. Ini pun tak pelak memunculkan pertanyaan lanjutan, di mana kita harus membeli produk terpercaya berkualitas tinggi?

  1. Dami Sariwana hadir menawarkan solusi bagi kebingungan Anda, sebuah perusahaan herbal dengan perolehan verifikasi BPOM. Salah satu produk yang bisa dipakai untuk meningkatkan imunitas serta menangkal radikal bebas yaitu Thyponisix. Jika hendak memilikinya, Anda tidak perlu bepergian jauh karena tersedia website dan e-commerce.

Mengetahui apa itu radikal bebas harapannya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan sendiri. Terutama selama pandemi seperti sekarang di mana virus tersebar begitu mudah. Mengonsumsi Thyponisix bisa menjadi solusi efektif dalam mencegah datangnya penyakit bagi tubuh Anda.

 

Artikel Lainnya