Penyebab Gatal pada Kulit, Kamu Wajib Waspada!

Penyebab Gatal pada Kulit, Kamu Wajib Waspada!

Ada beberapa penyebab gatal pada kulit yang perlu diwaspadai. Sebab, ada beberapa rasa gatal disebabkan karena masalah serius. Jadi, kamu tidak bisa menyepelekannya begitu saja.

Mulai dari akibat penyakit hati, penyakit ginjal dan masalah serius lainnya. Namun kamu tenang saja, apabila saat ini sedang mengalami gatal-gatal. Mungkin saja itu hanya disebabkan karena beberapa masalah sederhana.

Salah satunya karena gigitan serangga. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai macam penyebab dari gatal-gatal pada kulit. Dengan begitu kamu tahu bisa harus berbuat apa.

Beberapa Penyebab Gatal pada Kulit

Seperti dibahas sebelumnya, ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Mulai dari yang disebabkan karena masalah sederhana, seperti penyakit hingga masalah serius. Beberapa penyebabnya antara lain seperti :

  1. Gigitan serangga

Sebagian besar orang pasti tau bahwa gigitan semut, nyamuk dan serangga lain penyebab gatal pada kulit disekitar gigitan serta iritasi. Gigitan tersebut bisa meninggalkan lubang sangat kecil.

Bahkan sangking kecilnya, terkadang beberapa orang yang mengalami gatal-gatal tidak melihat gigitannya. Sangat disarankan agar tidak menggaruk bagian yang gatal-gatal tadi, sebab hal itu akan memperburuk rasa gatalnya.

  1. Reaksi alergi atau iritasi

Reaksi alergi atau iritasi adalah salah satu hal umum yang menjadi penyebab rasa gatal. Rasa gatal tersebut adalah efek dari reaksi tubuh terhadap zat asing yang masuk. 

  1. Xerosis 

Penyebab gatal pada kulit berikutnya adalah karena kulit kering atau xerosis, gatal-gatal tersebut disebabkan karena kulit kehilangan kelembapannya. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia.

Sebaiknya, hindari menggunakan sabun berbahan kimia keras sebab hal tersebut bisa mengeringkan kulit. Jangan lupa gunakan pelembap secara teratur dan jangan terlalu sering mandi, cukup 2 kali saja.

  1. Penyakit hati

Beberapa penyakit hati seperti hepatitis dan juga sirosis bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit. Masih belum jelas mengapa, namun beberapa mengatakan karena penumpukan empedu yang berlebihan di tubuh.

Gatal-gatal tersebut terasa lebih parah di bagian telapak kaki dan telapak tangan. Paparan panas juga bisa memperparah rasanya. Hal tersebut akan terasa lebih buruk di malam hari.

  1. Gangguan saraf

Seperti diketahui, saraf menyampaikan pesan dari kulit ke otak. Cedera pada saraf bias menjadi penyebab gatal pada kulit. Area yang terasa gatal-gatal tergantung dari lokasi cedera.

Ada beberapa kondisi terkait saraf yang bisa menyebabkan gatal-gatal atu sensasi lain tanpa ruam. Antara lain seperti diabetes, stroke, komplikasi herpes zoster atau neuralgia postherpetic.

  1. Penyakit ginjal

Penyebab lainnya adalah karena penyakit ginjal. Terutama pada stadium lajut, bisa menyebabkan gatal-gatal tanpa ruam. Penyebab gatal-gatal pada ginjal ini masih belum diketahui dengan baik.

Namun para ilmuwan percaya bahwa banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Salah satunya karena ureum dalam tubuh yang tidak dapat dibuang. Akhirnya menyebar ke darah, dan penyebab gatal pada kulit.

  1. Limfoma Hodgkin

Gatal tanpa adanya ruam bisa juga terjadi pada orang yang menderita kanker sel darah atau Limfoma Hodgkin. Biasanya dibarengi dengan beberapa gejala lain, seperti panas dingin, kehilangan nafsu makan.

Pembengkakan kelenjar getah bening, yang biasanya terjadi di selangkangan, leher, dan juga ketiak. Demam, berkeringat di malam hari serta penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan.

Maka dari itu, jangan sepelehkan rasa gatal. Bisa jadi itu disebabkan karena masalah serius. Bagi kamu yang kini sedang mengalami gatal-gatal, segera obati dengan salah satu produk unggulan kami, Negatal.

Negatal merupakan kapsul terbaik kami, PT. Dami Sariwana. Terbuat dari bahan alami, ampuh menghilangkan gatal-gatal pada kulit, jerawat serta bisul. Apabila kamu sedang mengalami penyebab gatal pada kulit, redakan dengan Negatal.



Keyword: penyebab gatal pada kulit 

Meta deskripsi: Beberapa penyebab gatal pada kulit. Antara lain karena gigitan serangga, gangguan saraf dan sebagainya bisa dengan menggunakan Negatal.

Artikel Lainnya