Wajib Tahu! Inilah Penyebab Insomnia Kronis dan Cara Mengatasi

Wajib Tahu! Inilah Penyebab Insomnia Kronis dan Cara Mengatasi

Ada banyak faktor penyebab insomnia kronis bisa terjadi pada diri seseorang. Umumnya, hal itu terjadi akibat perubahan secara tiba-tiba pada diri seseorang seperti kehilangan pekerjaan, berakhirnya hubungan, dan sebagainya.

Perubahan tersebut biasanya memberi pukulan yang telak pada kondisi mental pengidapnya. Akibatnya, seseorang dengan insomnia kronis akan mengalami masalah tidur dalam jangka panjang, bahkan hingga berbulan-bulan lamanya.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini tentu akan berpengaruh pada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu, mari kita bahas apa itu insomnia kronis, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. 

Pengertian Insomnia Kronis yang Perlu Diketahui

Insomnia kronis merupakan salah satu bentuk gangguan tidur yang terjadi relatif lama. Seseorang bisa dikatakan mengidapnya jika sulit tidur selama tiga malam dalam seminggu atau lebih dari tiga bulan.

Kondisi ini, lama kelamaan akan membuat siklus tidur pengidapnya menjadi berantakan sehingga mudah lelah, kurang produktif, dan stres. Meski begitu, insomnia jenis ini masih tetap bisa disembuhkan.

Nantinya, perlu diketahui hal apa yang membuat penderitanya mengalami guncangan mental sehingga dapat mengganggu pikirannya atau mengubah kebiasaan istirahatnya sehari-hari. Dalam hal ini, peran psikolog terkadang juga dibutuhkan untuk mendalaminya.

Penyebab Insomnia Kronis yang Sering Terjadi

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kondisi insomnia kronis pada dirinya. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab yang sering terjadi pada kasus-kasus tersebut:

  • Stres dan Cemas Berlebih
  • Rasa stres dan juga cemas yang berlebih kerap menjadi awal mulanya seseorang mengalami kondisi ini. Banyak hal menghantui pikirannya sepanjang malam sehingga sulit mendapatkan waktu tenang untuk beristirahat.

  • Kebiasaan Buruk Begadang
  • Bagi sebagian orang, begadang sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan cukup lama sehingga sulit untuk mengatur waktu tidur ke kondisi normal. Hal inilah yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi. 

  • Terlalu Sering Mengonsumsi Kafein
  • Kafein pada kopi merupakan salah satu kandungan yang membuat seseorang bertambah fokus sehingga sulit baginya untuk tidur. Jika kebiasaan minum kopi ini terus dilakukan, maka insomnia kronis bisa terjadi.

  • Menggunakan Obat-Obatan Tertentu
  • Sebagian obat terkadang menimbulkan efek samping yang mengganggu kita untuk tidur, seperti jantung berdebar, sakit kepala, mual, dan lain-lain. Hal ini tentu saja bisa menjadi penyebab insomnia kronis bagi seseorang.

  • Memiliki Penyakit Tertentu
  • Penyebab insomnia jenis ini juga bisa berasal dari adanya penyakit tertentu di dalam tubuh seperti GERD, fibromyalgia, diabetes, atau penyakit-penyakit lain yang membuat tidur menjadi terganggu.

    Cara untuk Mengatasi Insomnia Kronis

    Insomnia kronis bukanlah sesuatu yang menetap dan tidak bisa disembuhkan. Kondisi ini bisa disembuhkan, namun harus ditangani dengan baik agar bisa kembali normal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Mengatur Ulang Jadwal Tidur
  • Dengan mengatur ulang jadwal tidur, artinya kita ingin mengembalikan pola tidur yang sempat kacau. Cara ini harus dilakukan secara berulang-ulang agar semakin terbiasa.

  • Hindari Berbagai Hal Penyebab Begadang
  • Jangan mainkan HP menjelang tidur, jangan juga meminum 6 jam sebelum tidur, dan hindari sesuatu yang membuatmu tertarik terutama saat ingin tidur.

  • Minum Obat Herbal Insomnia
  • Jika rasa sulit tidur sudah sangat mengganggu, kamu wajib untuk meminum obat herbal Penenang dari PT. Dami Sariwana yang mampu mengatasi berbagai gangguan tidur di malam hari.

    Dengan rutin mengonsumsi obat ini, gangguan kecemasan akan berangsur hilang sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. Terlebih, obat herbal ini tidak memiliki efek samping seperti pada obat-obatan kimia lainnya.

    Insomnia kronis jika terus dibiarkan akan berakibat fatal bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab insomnia kronis dan juga cara mengatasinya.







    Keyword: penyebab insomnia kronis

    Deskripsi: Ada beberapa faktor penyebab insomnia kronis bisa terjadi pada seseorang sehingga perlu penanganan khusus agar kondisi tersebut bisa berangsur membaik.

    Artikel Lainnya