Atasi Masalah Datang Bulan dengan 6 Makanan Ini


Atasi Masalah Datang Bulan dengan 6 Makanan Ini

Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami masalah datang bulan. Beberapa orang bisa lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Tingkat stres yang tinggi, pola makan yang tidak menentu, ketidakaktifan, dan fluktuasi hormon bisa menjadi penyebabnya.

Salah satu cara paling aman untuk mengontrol menstruasi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ya, ada beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan dan menormalkan menstruasi secara alami selain menjalani gaya hidup sehat.

6 Makanan Sebagai Solusi Masalah Datang Bulan


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gaya hidup yang baik disertai makanan sehat dapat memperlancar siklus menstruasi. Makanan tersebut diantaranya:

  • Pepaya

  • Pepaya dianggap sebagai cara yang aman dan alami untuk masalah datang bulan. Karena buah ini banyak mengandung karoten, maka dapat mempercepat produksi estrogen tubuh dan menyebabkan menstruasi.


    Selain itu, pepaya diyakini dapat menginduksi kontraksi rahim dan membantu pelepasan lapisan rahim, yang dapat menyebabkan siklus menstruasi lebih awal.


    Wanita hamil disarankan untuk menghindari makan pepaya, terutama di bulan-bulan awal, karena kemampuannya yang ampuh untuk mengontrol menstruasi.


    Oleh karena itu kita bisa rutin mengkonsumsi pepaya untuk memperlancar siklus menstruasi. Baik jus pepaya maupun ekstraknya memiliki khasiat yang baik.


  • Makanan Kaya Vitamin C

  • Setiap orang dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Karena vitamin C dapat memperbaiki masalah datang bulan selain baik untuk sistem kekebalan tubuh.


    Menurut beberapa ilmuwan, makanan yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan produksi estrogen tubuh sekaligus menurunkan kadar progesteron. Beberapa buah yang kaya vitamin C juga dapat membantu tubuh memanas, yang berguna untuk kesuburan.


  • Jahe

  • Jahe berfungsi untuk mengontrol siklus menstruasi. Beberapa orang juga percaya jahe dapat merangsang kontraksi rahim dalam tubuh.


    Jahe dapat digunakan dalam berbagai resep atau diminum panas sebagai teh untuk mengontrol menstruasi. Madu, yang merupakan anti-inflamasi dan memiliki manfaat kesehatan lainnya, dapat digunakan untuk membuat teh jahe.


  • Kunyit

  • Faktanya, kunyit dapat menurunkan kadar progesteron, meningkatkan produksi estrogen, dan mengurangi ketidaknyamanan ketika menstruasi. Jadi, kunyit berpotensi untuk memperlancar dan mengatur siklus menstruasi.


    Selain itu, sifat antispasmodik kunyit diketahui bermanfaat untuk masalah datang bulan dan kesehatan reproduksi. Pastikan kamu mengonsumsi 1-2 sendok makan kunyit per hari untuk memperlancar siklus menstruasi. Tidak perlu khawatir, kamu bisa memasukkan kunyit ke dalam teh, kari, sup, dan hidangan lainnya.


  • Kurma

  • Makanan seperti kurma memiliki kekuatan untuk meningkatkan suhu tubuh. Menurut penelitian, wanita yang rutin makan kurma mungkin mengalami perubahan siklus menstruasi.


    Selain itu, kurma adalah sumber zat besi, vitamin C, folat, dan mineral yang baik dan dapat mengatasi masalah menstruasi.


  • Peterseli

  • Jika kita ingin mengontrol siklus menstruasi, peterseli adalah makanan yang sangat berguna untuk dicoba. Selain memiliki banyak vitamin C, peterseli juga memiliki unsur yang menyebabkan kontraksi rahim dan memulai siklus menstruasi.


    Untuk memastikan menstruasi datang tepat waktu, cobalah memasukkan peterseli ke menu makan atau minum teh peterseli secara teratur. Namun, disarankan agar mereka yang memiliki masalah ginjal berhati-hati dan membatasi asupan peterseli.


  • Kacang dan Biji-Bijian

  • Mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian secara konsisten bermanfaat untuk kesuburan, serta kesehatan reproduksi.


    Kacang-kacangan dari varietas tertentu juga dapat membantu menyeimbangkan ketidakteraturan menstruasi. Kacang pilihan seperti almond dan walnut kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega-3, yang semuanya membantu mengatasi masalah saat datang bulan.

    Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi obat herbal menses dari PT. Dami Sariwana yang diperkaya akan kandungan ekstrakĀ daun tempuyung, seribu, daun beluntas, rimpang rumput teki, dan daun jungrahab, sehingga siklus menstruasi dapat berjalan lancar. Di atas adalah beberapa makanan alami untuk masalah datang bulan.



    Kewyord : masalah datang bulan

    Deskripsi: Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami masalah datang bulan. Beberapa orang bisa lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya.









    Artikel Lainnya