Saat Kulit Terasa Gatal, Jangan Lakukan Ini

Saat Kulit Terasa Gatal, Jangan Lakukan Ini

Beberapa hal perlu dihindari saat kulit terasa gatal. Salah satunya seperti menggaruknya dengan sangat keras, sebab hal tersebut justru akan membuat kulit lecet dan memperparah keadaan.

Secara tidak sadar semua orang pasti melakukannya. Padahal itu justru harus dihindari. Namun tidak hanya itu saja, masih ada lagi beberapa hal lain yang sebaiknya tidak dilakukan agar tidak memperparah kondisi.

Terutama apabila kamu memiliki alergi terhadap sesuatu. Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja yang perlu dihindari. Dengan begini akan meminimalisir semakin parahnya kondisi gatal-gatal.

Kulit Terasa Gatal, Hindari Hal Ini

Seperti diketahui, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika kulit terasa gatal-gatal. Meskipun beberapa di antaranya dianggap sebagai hal wajar, padahal perlu dihindari, antara lain seperti :

  1. Menggaruk kulit yang gatal

Sudah menjadi kebiasaan semua orang, setiap kali kulit terasa gatal, pasti secara tidak sadar akan langsung menggaruknya. Sesaat setelah selesai menggaruk, kamu pasti merasa gatal-gatal tersebut sudah hilang. 

Padahal menggaruk membuat keadaannya menjadi parah. Akibatnya, kamu akan semakin keras menggaruk bagian tadi untuk menghilangkan gatal yang makin bertambah. Padahal semakin keras menggaruk semakin keras juga gesekan yang didapat.

  1. Berendam terlalu lama

Hal berikutnya yang perlu dihindari saat kulit terasa gatal ialah berendam terlalu lama di air. Memang, salah satu cara dalam menghilangkan gatal, disarankan untuk mengompresnya dengan air dingin.

Bisa juga mandi dengan air hangat, meskipun air hangat bisa menghilangkan gatal. Namun bukan berarti kamu bisa berendam terlalu lama. Karena hal itu menyebabkan kulit kering dan gatal semakin parah.

  1. Hindari beberapa bahan makan tertentu

Lebih baik, hindari beberapa bahan makanan yang bisa memicu reaksi gatal-gatal, terutama bagi kamu yang memiliki alergi. Antara lain seperti seafood, makanan mengandung garam, telur dan sebagainya.

Apabila kamu tetap makan beberapa bahan makanan tersebut bahkan secara berlebihan, tentu saja hal itu akan memperparah gatalnya. Sebab ada beberapa kandungan di dalamnya yang bisa memicu gatal semakin parah.

  1. Memakai pakaian ketat berbahan kasar

Hal selanjutnya yang perlu dihindari ketika kulit terasa gatal adalah memakai pakaian ketat berbahan kasar. Seperti diketahui, gatal-gatal dapat terjadi di manapun termasuk bagian tubuh yang sulit dijangkau.

Maka dari itu hindari memakai pakaian ketat dan juga berbahan kasar. Sebab hal tersebut menyebabkan ruam serta gatal-gatal di beberapa bagian tubuh mendapat banyak gesekan.

Akhirnya ruam akan menjadi lecet dan juga terasa semakin gatal, hal tersebut tentu saja akan memperparah kondisinya. Maka dari itu, untuk mencegahnya gunakan pakaian longgar berbahan lembut.

  1. Tidak mengganti baju yang berkeringat

Apabila kamu sedang beraktivitas dan mengeluarkan banyak keringat pada baju. Sebaiknya segera mandi dan ganti dengan baju baru. Sebab baju yang berkeringat bisa menimbulkan gatal pada kulit.

Hal itu karena saat berkeringat, tubuhmu akan memproduksi minyak berlebih. Kondisi tersebut akan memunculkan bakteri. Bakteri itulah yang menyebabkan gatal pada kulit, maka dari itu, segera mengganti baju apabila berkeringat.

  1. Hindari tidur dengan hewan peliharaan

Berikutnya, hal yang perlu dihindari saat kulit terasa gatal adalah tidur dengan hewan peliharaan. Seperti diketahui, salah satu penyebab gatal-gatal pada kulit adalah karena gigitan serangga seperti kutu.

Meskipun kamu tidak memiliki kutu, kutu bisa bersembunyi pada lebatnya bulu hewan peliharaanmu. Apalagi jika kamu sering tidur bersama hewan peliharaanmu, bisa saja kutu itu menggigit kulitmu dan menyebabkan gatal-gatal. 

Bagi kamu yang sedang mengalami gatal-gatal, hindari beberapa hal di atas. Namun itu saja tentu tidak cukup, kamu juga perlu mengobatinya dengan salah satu produk unggulan kami, Negatal.

Negatal merupakan produk kami, PT. Dami Sariwana yang ampuh menghilangkan gatal-gatal pada kulit, jerawat dan juga bisul. Jadi, apabila kulit terasa gatal, segera gunakan Negatal. 




Keyword: kulit terasa gatal

Meta deskripsi: hal yang perlu dihindari saat kulit terasa gatal. Salah satunya seperti tidak menggaruknya, jadi jika kamu sedang mengalaminya gunakan saja Negatal.

Artikel Lainnya