Penyebab Susah Tidur Dimalam Hari yang Sering Dialami

Penyebab susah tidur di malam hari banyak menimpa beberapa orang, padahal tubuh mereka capek dan ingin beristirahat. Tidur merupakan salah satu aktivitas untuk mengistirahatkan tubuh agar tidak kelelahan setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Namun ada beberapa orang kelelahan namun tidak dapat tertidur. 

Kejadian susah tidur mungkin juga pernah terjadi pada tubuh Anda, rasanya aneh tubuh merasa cape tapi tidak dapat memejamkan mata. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh medis atau psikologis di dalam tubuh.

Medis merupakan hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, sedangkan psikologis berkaitan dengan emosional. Susah untuk tidur pada saat malam hari biasa disebut dengan istilah insomnia. 

Insomnia bisa terjadi dalam beberapa hari jika itu dipengaruhi oleh psikologis, jika psikologis sudah membaik maka jam tidur dapat kembali normal. Berbeda jika dipengaruhi medis yang dapat berlangsung lama.

Penyebab Susah Tidur Dimalam Hari

Orang mengalami gangguan tidur karena tidak dapat mengalami ketenangan. Jika tertidur maka mudah sekali terbangun hanya karena hal-hal kecil seperti suara kipas atau bahkan suara rintikan hujan. 

Tapi ada beberapa orang yang merasa nyaman dengan suara hujan karena dapat merelaksasi tubuh menjadi lebih nyaman. Berikut beberapa sebab hal penyebab susah tidur dimalam hari.

  1. Masalah Medis

Masalah medis berkaitan dengan gangguan kesehatan yang dialami seseorang seperti mengidap penyakit tertentu dan kelelahan. Insomnia jenis ini tidak dapat dihilangkan hanya beberapa hari, pasti membutuhkan waktu lama supaya dapat kembali normal.

Salah satu penyakit yang dapat mengganggu untuk dapat beristirahat sesuai waktu tidur yaitu penyakit asam lambung. Dampak dari asam lambung yaitu rasa tidak nyaman, merasa mual, muntah-muntah, dan sakit pada bagian antara perut sampai dada. 

Asam lambung juga akan meningkatkan hormon adrenalin berakibat menyebabkan jantung berdetak lebih kencang, tentu saja itu akan membuat Anda sulit untuk tidur. Penyakit lainnya seperti batuk, flu, sakit kepala, kanker, penyakit paru-paru dan masih banyak lainnya.

Badan terlalu lelah juga dapat mengakibatkan insomnia karena menyebabkan adrenalin naik, meningkatkan suhu tubuh, serta membuat jantung berdetak lebih kencang.

  1. Masalah Psikologis

Banyaknya pekerjaan yang belum Anda selesaikan mungkin akan memenuhi isi pikiran bisa menjadi penyebab susah tidur. Kecemasan yang berlebih juga dapat membuat Anda susah tertidur. Jika keduanya masuk kedalam pikiran maka Anda dapat terkena tekanan mental atau stress.

Tidak hanya tekanan mental stress juga dapat diakibatkan karena trauma berkepanjangan akan suatu kejadian yang tidak dapat hilang dari ingatan. Jika tingkat stress semakin tinggi seseorang akan semakin menjadi penyebab dari susah tidur dimalam hari.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat dan tidak teratur juga salah satu penyebab susah tidur dimalam hari. Kegiatan yang tidak sehat seperti terlalu banyak minum minuman mengandung kafein, kaein ini mengandung stimulan sehingga akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Selain kafein ada juga asap rokok yang sama halnya mengandung stimulan. Selain stimulan hindari juga minum-minuman beralkohol. Terlalu lama tidur disiang hari akan membuat tubuh Anda merasa segar sampai larut malam, jadi hindari tidur siang hari terlalu lama. 

Jika memang diperlukan lakukan tidur siang saat tubuh Anda merasa sangat lelah dan lakukan selama 20-30 menit saja. Jika Anda salah satu orang yang mengalami susah tidur bahkan insomnia. 

Karena maslah medis seperti penyakit tertentu segera konsultasikan kepada doktor andalan Anda. Jika disebabkan oleh gangguan emosional seperti kecemasan berlebih, stress, dan depresi konsultasikan dengan psikologi untuk memperbaiki pola berpikir agar tidak depresi.

Sedangkan jika penyebabnya dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat mulailah merubah dari diri Anda sendiri. Gunakan tips-tips untuk memperbaiki penyebab susah tidur salah satunya dengan mengkonsumsi produk obat herbal Penenang dari Dami Sariwana.



Keyword : penyebab susah tidur

Deskripsi : Penyebab susah tidur salah satunya karena tidak mengalami ketenangan dan jika tertidur maka mudah sekali terbangun hanya karena hal-hal kecil seperti suara kipas atau bahkan suara rintikan hujan.

Artikel Lainnya