Punya Tekanan Darah Tinggi? Pakai Tips Ini Saat Puasa

Punya Tekanan Darah Tinggi? Pakai Tips Ini Saat Puasa

Seorang penderita tekanan darah tinggi sering kali kebingungan ketika puasa. Biasanya hal itu disebabkan oleh ketakutan gejalanya akan muncul ketika ibadah dilakukan. Perlu diketahui puasa adalah aktivitas yang unik.

Saat seseorang melakukannya, tubuh akan memproduksi hormon-hormon tertentu. Normalnya hormon ini tidak akan diproduksi ketika puasa tidak dilakukan. Namun intinya, produksi hormon inilah yang berpotensi membuat tekanan darah cenderung naik.

Sebenarnya tidak masalah jika kondisi itu terjadi dalam skala normal sehingga puasa tidak terganggu. Namun masalahnya, sering kali skalanya terlalu tinggi. Puasa jelas terganggu jika hal ini terjadi, bahkan bukan tidak mungkin efek yang lebih berbahaya akan terjadi pada tubuh.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Saat Puasa

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan darah tinggi saat berpuasa, cara ini tentu menjadi hal wajib. Jika tidak dilakukan, puasa akan terganggu dan mengurangi kesakralannya. Oleh karena itu, berikut pembahasan mengenai tipsnya.

  • Rutin ke Dokter
  • Hal pertama yang paling penting untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah rutin ke dokter. Cara ini bisa dikatakan sebagai tips yang paling efektif. Dokter adalah orang yang paling memahami mengenai apa itu hipertensi. 

    Selain itu dokter juga bisa memberitahukan kondisi terbaru dari tubuh seseorang. Dengan datang ke dokter, seseorang bisa tahu bagaimana kondisi tubuhnya apakah memungkinkan untuk puasa atau tidak. 

    Jika misal tidak memungkinkan, dokter tentu tidak akan diam. Normalnya beberapa treatment akan dilakukan atau disarankan bagi penderita. Treatment ini jelas sangat penting.

    Dengan adanya treatment tersebut, upaya untuk mengembalikan tubuh pada kondisi terbaik bisa dilakukan. hal tersebut membuat seseorang bisa menjalankan ibadah puasa secara lebih lancar.

  • Air Putih
  • Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi air putih, ini juga penting untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Memang hipertensi disebabkan oleh banyak hal. Tapi perlu diingat, salah satu hal yang paling sering menjadi penyebabnya adalah dehidrasi pada tubuh.

    Oleh sebab itu upaya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi sesuatu yang penting. Sebenarnya ketika berpuasa, air putih menjadi hal yang pasti dikonsumsi.

    Namun masalahnya, ini sering tidak diperhatikan ketika sahur. Ada banyak orang yang lebih memilih makan dan cepat-cepat tidur.

    Padahal konsumsi air putih ketika saur menjadi hal yang sangat penting. Jangan lupa juga untuk menghindari minuman-minuman bersoda dan mengandung banyak kafein.

    Walaupun terdapat air di dalamnya, soda dan kafein malah akan menyebabkan dehidrasi semakin tinggi. Oleh sebab itu perhatian akan hal ini perlu ditingkatkan terutama bagi kamu yang sering meminum minuman bersoda atau mengandung kafein.

  • Hindari Garam
  • Garam adalah hal wajib dalam makanan, namun bagi penderita tekanan darah tinggi zat ini perlu dikurangi. Selalu ingat kalau garam mengandung natrium dalam kadar yang sangat banyak. Natrium inilah yang berbahaya untuk penderita hipertensi.

    Saat konsumsi natrium tidak terkontrol, gejala hipertensi akan muncul dan tentu akan mengganggu puasa. Sebenarnya bukan berarti penderita hipertensi tidak boleh mengonsumsi garam sama sekali.

    Konsumsinya masih boleh hanya saja perlu dibatasi. Untuk keamanan, konsumsi terbaik dari garam berada di kisaran 5 gram per hari. Untuk lebih mudah, 5 gram berada di kisaran satu sendok teh. 

    Ingat kalau rasa gurih tidak hanya didapat dari garam. Makanan bisa juga ditambahkan bawang putih atau rempah-rempah lain. hal tersebut membuat konsumsi garam bisa dikurangi.

    Untuk kamu yang membutuhkan suplemen tambahan, konsumsi saja Tensilon yang disediakan oleh PT. Dami Sariwana. Tensilon sendiri mengandung bawang putih, daun seledri, dan akar veleria.

    Hal tersebut membuat hipertensi bisa diatasi dan puasa biasa dilakukan dengan lebih baik. Pastikan untuk langsung memesan ke PT. Dami Sariwana agar tekanan darah tinggi bisa teratasi dengan baik saat menjalankan puasa.




    Keyword : tekanan darah tinggi

    Deskripsi : Beberapa orang sering mengeluhkan gejala tekanan darah tinggi saat berpuasa. Jika ingin gejalanya berkurang, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

    Artikel Lainnya