Inilah Cara Atasi Perut Kembung selama Bulan Puasa

Inilah Cara Atasi Perut Kembung selama Bulan Puasa

Cara atasi perut kembung ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki keluhan maag. Jika kamu merasakan tidak nyaman di perut, sering buang angin, sendawa, harus segera diatasi dengan benar. 

Perut kembung bisa mengganggu kelancaran selama menjalankan ibadah puasa. Selain mengonsumsi obat kamu perlu melakukan beberapa langkah antisipasi supaya keluhan tidak berlarut-larut. 

Memperhatikan pola makan adalah cara atasi perut kembung paling manjur. Jika dilakukan secara rutin dan teratur bukan hanya selama bulan puasa, tapi gejala yang kamu alami tidak akan pernah datang lagi. 

Cara Atasi Perut Kembung dengan Mengatur Asupan Makanan

Pengaturan pola makan saat berbuka sangat penting. Ini adalah penyebab utama mengapa perut sering mengalami ketidaknyamanan. Rasa begah setelah berbuka hingga mengganggu ibadah bisa berkurang jika memperhatikan hal berikut ini.

  1. Hindari makanan mengandung gas

Makanan yang perlu kamu hindari saat berbuka adalah dari jenis kubis-kubisan. Seperti kol, kembang kol, brokoli, buncis. Hindari minum kopi saat berbuka baik dalam kondisi dingin, hangat maupun panas.

  1. Kurangi konsumsi susu

Milkshake, es susu, susu hangat tidak disarankan jadi santapan saat berbuka puasa. Sebisa mungkin hindari makanan dan minuman mengandung susu sebagai cara atasi perut kembung efektif. 

  1. Kurangi makanan cepat saji

Sering berbuka puasa bersama di restoran cepat saji? Sebaiknya mulai kamu kurangi. Sodium pada garam yang terkandung dalam makanan cepat saji memicu kembung karena mengikat garam di lambung. 

  1. Penuhi kebutuhan air putih

Minum air putih saat berbuka puasa sebab sifatnya netral. Lanjutkan dengan memenuhi kebutuhannya di malam hari sebelum tidur dan saat sahur. Kecukupan air putih membantu menjaga lambung sehat.

  1. Konsumsi buah

Buah saat berbuka ideal dan menyehatkan. Tidak harus kurma, kamu bisa makan stroberi, pisang, alpukat, apel, pepaya. Makan buah mengandung vitamin C juga jadi salah satu cara atasi perut kembung. 

  1. Tidak mengonsumsi soda saat berbuka

Minum soda apalagi dingin memang sangat menyegarkan. Tetapi ini bisa memicu banyak gas di lambung. Dikombinasikan dengan makanan apapun sebaiknya kamu menghindari minum soda. 

Mengelola Stress untuk Mencegah Keluhan Perut Kembung

Selain menjaga pola makan dan asupan ke dalam tubuh, penting juga untuk mengelola stress. Pada dasarnya ini adalah faktor paling berpengaruh terhadap gangguan pencernaan. Parahnya lebih banyak dialami oleh usia produktif. 

Cara atasi perut kembung pertama adalah dengan mengatur jadwal rutinitas harian. Sebisa mungkin kerjakan berdasarkan prioritas. Untuk pekerja kantoran selama bulan puasa umumnya sudah ada kebijakan pengurangan jam kerja.

Hindari hal-hal yang berpengaruh terhadap mental. Jauhi teman toxic, logout akun sosial media, perbanyak komunikasi dengan keluarga. Apalagi selama bulan Ramadhan ini penting dilakukan supaya lebih berkesan.

Buat waktu khusus untuk bersenang-senang meski hanya sebentar. Ini penting supaya fokus pikiran tidak hanya pada permasalahan utama seperti bekerja, masalah pribadi dan sebagainya. ini juga cara atasi perut kembung yang efektif.

Hal-hal yang mengganggu mental berpengaruh terhadap sistem pencernaan dan pernafasan. Saat hal negatif masuk kemudian diolah oleh otak maka nafas jadi lebih cepat. Ini menyebabkan penumpukan gas di lambung. 

Luangkan waktu untuk istirahat berkualitas. Tidur berkualitas penting khususnya di malam hari. Selama bulan Ramadhan jam tidur berkurang jadi sebisa mungkin berkualitas untuk memicu hormon bahagia dalam tubuh.

Sediakan selalu Maagfit sebagai antisipasi saat kembung. Produk dari PT Dami Sariwana ini bisa kamu dapatkan secara online melalui website resminya. Mengonsumsi Maagfit jadi cara atasi perut kembung paling cepat dan aman. 




Kw: cara atasi perut kembung

Deskripsi: Cara atasi perut kembung semakin mudah di bulan puasa karena sekarang sudah ada Maagfit dari PT Dami Sariwana yang sudah BPOM.



Artikel Lainnya