Penyebab Gatal Pada Jerawat, Kamu Wajib Tahu

Ada beberapa hal yang menyebabkan gatal pada jerawat. Sebenarnya, jerawat merupakan suatu keadaan normal, pasti dialami hampir sebagian besar manusia di dunia ini. Terkadang juga bisa hilang dengan sendirinya.

Namun apabila dibarengi dengan rasa gatal teramat sangat, bahkan hingga menimbulkan gejala lebih parah seperti infeksi. Tentu itu bisa menjadi sesuatu yang sangat serius dan membahayakan.

Maka dari itu, agar tidak sampai bertambah parah, jangan menggaruknya. Sebab dikhawatirkan akan bisa memperparah kondisinya. Kamu juga perlu mencari tau, apa saja penyebabnya untuk meminimalisir hal buruk terjadi.

Berikut Penyebab Gatal Pada Jerawat

Seperti dibahas sebelumnya, jerawat memang suatu keadaan normal yang dirasakan hampir sebagian besar manusia. Namun, yang apabila menimbulkan gatal-gatal tentu perlu untuk diwaspadai, inilah beberapa penyebabnya :

  1. Alergi

Penyebab pertama bisa karena reaksi terhadap obat atau produk kecantikan yang sedang digunakan. Mungkin beberapa orang mengalami alergi terhadap bahan aktif yang terkandung di dalamnya. 

  1. Kistik

Penyebab gatal pada jerawat berikutnya adalah disebabkan karena kistik. Terbentuk dari penumpukkan minyak dan sel kulit mati di jaringan dalam kulit. Peradangan yang terjadi pada permukaan kulit menyebabkan benjolan besar.

Hal tersebut menyebabkan jerawat jadi terlihat besar, memerah serta menyebabkan gatal-gatal. Hindari menggunakan produk kecantikan secara berlebihan, agar kondisi tidak bertambah parah. Karena tidak semua orang cocok untuk menggunakannya. 

  1. Tanda akan sembuh

Gatal-gatal tersebut bisa jadi pertanda bahwa penyakit tersebut sebentar lagi akan segera sembuh. Saat kondisi sudah mulai membaik. Kulit pustular dan juga kemerahan akan diganti kulit baru yang lebih sehat. 

Selama proses berlangsung, kulit akan mengelupas lalu lapisan kulit baru muncul. Maka sel-sel kulit bersisik, kulit kering bisa jadi pertanda. Bahwa kamu sedang menjalani proses penyembuhan yang menimbulkan rasa gatal.

  1. Kulit kurang bersih

Penyebab gatal pada jerawat selanjutnya adalah karena kurang bersih dalam merawat kulit. beberapa jenis jamur mengakibatkan infeksi berbentuk bintik berisi nanah. Terlihat seperti jerawat akibat bakteri.

Jenis infeksi satu ini memang menyebabkan gatal. Rasa gatal tersebut muncul karena pertumbuhan jamur yang berlebihan pada kulit. Tidak hanya itu saja, bisa juga karena tidak rajin membersihkan tubuh.

  1. Paparan sinar matahari

Penyebab gatal pada jerawat berikutnya disebabkan karena paparan sinar matahari. Adanya perubahan yang terjadi di kulit saat terkena sinar. Sistem imun salah mengenali yang diserap oleh kulit dari sinar matahari.

Hal tersebut menyebabkan tubuh mencoba untuk melindungi diri dari senyawa yang dianggap asing tadi. Sehingga bisa menimbulkan reaksi berupa alergi, salah satunya seperti gatal itu tadi.

  1. Fungal acne

Fungal acne sendiri ialah masalah kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal, tidak seperti biasanya. Kondisi ini dapat mengiritasi kulit kamu hingga membuatnya memerah. Fungal acne bisa membesar dan mengandung nanah.

  1. Keringat pada wajah

Penyebab gatal pada jerawat selanjutnya adalah keringat pada wajah. Bagi kamu pemilik wajah berjerawat, sering berkeringat dan merasa gatal. Hal tersebut disebabkan karena produksi keringat yang berlebihan pada wajah.

Kondisi ini terjadi karena saat kamu berkeringat, tubuhmu memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya pori-pori tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan jerawat di pori-pori. Lalu bakteri akan menyebabkan peradangan yang memperparah jerawat.

Apabila kamu sedang mengalaminya, tidak perlu khawatir, cukup gunakan produk Negatal. Salah satu produk terbaik milik perusahaan kami PT. Dami Sariwana yaitu Negatal. Nagatal merupakan kapsul yang membantu meringankan gatal-gatal.

Baik gatal-gatal pada kulit, jerawat maupun bisul. Negatal terbuat dari bahan alami, jadi dijamin aman. Apabila kamu kini sedang mengalami gatal pada jerawat, redahkan dengan Negatal.




Keyword: gatal pada jerawat

Meta deskripsi: penyebab gatal pada jerawat. Antara lain seperti paparan sinar matahari, alergi dan sebagainya bisa kamu atasi dengan produk herbal Negatal.

Artikel Lainnya