Susah Tidur? Ikuti 6 Cara Mengatasi Insomnia Berikut

Bagi sebagian orang, cara mengatasi insomnia bukanlah hal yang mudah. Usaha seperti mematikan lampu, mendengarkan musik, atau bahkan membaca buku kerap kali gagal membuat tubuh cepat tidur. 

Ujung-ujungnya, orang dengan insomnia baru bisa tertidur setelah dini hari atau bahkan menjelang pagi. Hal itu tentu akan mengganggu aktivitas keesokan harinya sehingga tubuh menjadi tidak fit dan kurang produktif.

Jika hal ini terus dibiarkan, kesehatan tubuh kita tentu akan terganggu lantaran kurangnya jam tidur di malam hari. Agar masalah tersebut bisa segera diatasi, silakan ikuti beberapa cara berikut!

Beberapa Cara untuk Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang bisa terjadi karena berbagai faktor seperti gaya hidup, kondisi psikologis, pengaruh gadget, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, kamu bisa terapkan beberapa cara berikut ini:

  • Jauhi Gadget
  • Salah satu faktor penyebab insomnia yang sering dialami saat ini adalah karena penggunaan gadget sebelum tidur. Hal itu disebabkan karena layar dari gadget bisa menekan produksi hormon melatonin.

    Hormon melatonin sendiri bertanggungjawab untuk memberi rasa kantuk pada tubuh sehingga proses tidur menjadi lebih mudah. Sementara itu, paparan layar smartphone akan membuat otak tetap aktif dan menghambat produksi melatonin.

  • Lakukan Relaksasi
  • Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah dengan melakukan relaksasi seperti yoga sebelum tidur. Selain dapat melancarkan peredaran darah, gerakan yoga juga mampu menenangkan pikiran dan menurunkan stres.

    Tidak perlu terlalu lama, melakukan yoga selama 15 – 20 menit sudah cukup memberikan perubahan pada tubuh. Setidaknya lakukan gerakan yang dapat melemaskan otot kaki, bahu, dan juga leher.

  • Rutin Berolahraga
  • Rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik adalah salah satu cara mengatasi insomnia yang cukup efektif. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti menghilangkan kecemasan dan juga depresi.

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga setidaknya 20 – 30 menit sehari. Lakukan olahraga seperti lari pagi, senam, angkat beban, push up, sit up, dan beberapa gerakan olahraga lainnya. 

  • Hindari Kopi, Rokok dan Teh
  • Seperti diketahui, kandungan utama pada kopi adalah kafein. Kafein sendiri mampu meningkatkan konsentrasi sehingga menjauhkan kita dari rasa kantuk. Untuk itu, hindari meminum kopi pada waktu sore atau menjelang tidur.

    Selain kopi, teh juga memiliki kandungan kafein di dalamnya sehingga dapat memberikan efek yang sama. Untuk itu, menghindari kedua minuman di atas bisa menjadi cara mengatasi insomnia yang bisa diterapkan.

  • Buat Tempat Tidur Menjadi Nyaman
  • Ciptakan suasana kamar senyaman mungkin sehingga tubuh menjadi rileks saat sedang berbaring. Kamu bisa mulai dari mengganti seprei, mengatur suhu udara, menyesuaikan cahaya, dan sebagainya.

    Dengan tubuh yang rileks, akan lebih mudah bagi otak untuk mengirim kita ke dalam kondisi tidur yang lelap. Oleh karena itu, mulailah untuk merapikan tempat tidur kamu sebelum digunakan.

  • Minum Obat Herbal Vita Sleep
  • Cara mengatasi insomnia yang terakhir adalah dengan meminum obat herbal Vita Sleep. Vita Sleep adalah salah satu produk herbal PT. Dami Sariwana yang secara alami mampu mengatasi gangguan sulit tidur.

    Dengan mengonsumsi obat herbal ini, tidurmu akan semakin pulas dam secara langsung berpengaruh juga pada kualitas tidur. Hal itu tentu akan membuat kamu semakin produktif keesokan harinya.

    Tidur adalah salah satu kebutuhan penting seseorang yang harus tercukupi setiap harinya. Bagi kamu yang memiliki gangguan tidur di malam hari, silakan terapkan beberapa cara mengatasi insomnia di atas. Dan jangan lupa konsumsi produk Vita Sleep dari Dami Sariwana.

    Artikel Lainnya