Ragam Obat Herbal Alami, Cocok Dikonsumsi Saat Pandemi

Selain menerapkan pola hidup sehat, menjaga sistem imun tubuh juga memerlukan asupan suplemen. Suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh bisa Anda dapatkan melalui vitamin yang dijual di apotek, atau dengan memanfaatkan obat herbal alami.

Obat-obatan herbal yang sifatnya alami ini berasal dari tumbuhan. Baik itu daun-daunan hingga rimpang rempah-rempah. Tentunya kandungan di dalamnya sangat menarik, bahkan digunakan oleh produsen jamu sebagai bahan dasar produk mereka. Berikut ini beberapa pilihan obat herbal alami yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Ragam Obat Herbal Alami untuk Dikonsumsi Saat Pandemi

Ketika pandemi, imunitas tubuh harus selalu dijaga agar tidak rentan virus. Salah satu cara untuk selalu menjaganya adalah dengan mengonsumsi herbal kesehatan penambah antibodi. Apa sajakah pilihan herbal alami ini? berikut beberapa opsinya.

  1. Daun Kelor

Daun dengan ukuran kecil-kecil ini banyak dijumpai di berbagai tempat, terutama Indonesia yang beriklim tropis. Walaupun kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis, nyatanya kandungan nutrisi di dalam daun berukuran mungil ini sangat besar.

Terdapat senyawa aktif seperti vitamin C, flavonoid, anthraquinon, dan berbagai antioksidan lain yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Bahkan kandungan vitamin C di dalamnya memiliki kadar 7 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk.

  1. Meniran

Ternyata sejumlah produk herbal juga menggunakan ekstrak meniran di dalamnya. Termasuk untuk obat herbal menjaga daya tahan tubuh. Ternyata di dalam daun dengan nama latin Phyllanthus niruri ini kaya akan tannin serta phyllanthin.

Senyawa tersebut memiliki antioksidan tinggi yang berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan bahwa tanaman herbal ini membantu untuk mengatasi penyakit yang ada kaitannya dengan imunitas tubuh yang lemah.

  1. Kunyit

Rempah yang biasanya digunakan di masakan Asia Tenggara maupun Barat ini memiliki senyawa kurkumin yang kaya manfaat. Senyawa ini begitu baik digunakan untuk memperbaiki sistem pencernaan, serta membantu meningkatkan sistem penyerapan tubuh.

Di dalam kunyit juga terdapat kandungan antioksidan tinggi yang bisa digunakan dalam pembuatan suplemen  untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan tinggi pada kunyit ini berperan membantu melawan radikal bebas sehingga Anda tidak mudah terserang virus, infeksi, dan sejenisnya.

  1. Jahe

Tidak hanya berfungsi sebagai penghangat tubuh, pereda kembung, dan sejenisnya. Lebih dari itu, jahe memiliki khasiat yang efektif untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Terlebih saat pandemi yang mengharuskan imunitas selalu terjaga agar tidak rentan terhadap paparan virus.

Kandungan gingerol srta shogaol yang ada pada jahe memberikan khasiat antioksidan serta anti radang yang menarik. Dua kandungan tersebut juga bisa membantu menurunkan risiko infeksi, serta antibiotik alami yang bermanfaat menghambat berkembangnya virus serta bakteri.

  1. Daun Sirsak

Obat herbal alami yang selanjutnya adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tanaman yang kaya manfaat ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta cocok dikonsumsi sebagai obat kanker.

Thyponisix merupakan salah satu produk jamu herbal yang memiliki kandungan daun sirsak tinggi. Selain itu, berbagai macam ekstrak bahan alami lainnya juga semakin membuat khasiatnya untuk menjaga daya tahan tubuh kian menarik.

Damisariwarna merupakan toko obat herbal terpercaya yang bisa menjadi pilihan Anda. Anda dapat membeli Thyponisix di Damisariwarna, yang tentunya aman dan sudah disertifikasi BPOM.

Nah itu dia beberapa ragam obat herbal alami yang dapat menjadi pilihan suplemen alami untuk dikonsumsi. Tak melulu obat-obatan kimia, Anda pun bisa memanfaatkan aneka rimpang dan tanaman di atas untuk dijadikan obat.

 

Artikel Lainnya